Pengurus Karang Taruna Dukuh Tengah Dikukuhkan

Pengurus Karang Taruna Dukuh Tengah Dikukuhkan

KUNINGAN–Pengurus Karang Taruna Desa Dukuh Tengah Kecamatan Maleber periode 2021-2025 resmi dilantik dan dikukuhkan, Rabu (6/1). Agung Muliawan B, dipercaya para pemuda untuk menakhodai Karang Taruna Desa Dukuh Tengah.

Bersama para pengurus yang telah disusunnya, Agung bertekad memajukan Karang Taruna, sekaligus ikut membantu pembangunan desa dari sisi pemberdayaan pemuda.

BACA JUGA:Karang Taruna Dukuh Tengah

“Insya Allah kami sebagai pengurus, akan membawa Karang Taruna lebih baik lagi, dan tetap bersinergi dengan pemerintah desa,” katanya.

Hadir dalam pelantikan itu, Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda SH MSi. Dalam amanatnya, ia mengungkapkan, Karang Taruna merupakan salah satu organisasi kepemudaan di Indonesia. Sebagai wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak di bidang kesejahteraan sosial.

“Sebagai organisasi sosial kepemudaan, karang taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan, dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif. Tentunya dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada,” ungkap Wabup Edo, yang juga pengurus Karang Taruna Jawa Barat itu.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Edo juga menyampaikan bahwa Karang Taruna bukan hal yang baru baginya. Sebab organisasi karang taruna merupakan bagian kehidupan yang telah dirasakannya sejak lama.

“Karang taruna sudah menjadi bagian kehidupan saya sejak dulu. Di karang taruna, kita bisa menciptakan sebuah pemikiran dan gagasan sebuah inovasi, dan karang taruna tetap menjadi fungsi salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang sosial, untuk terus bisa mengidentifikasi segala permasalahan yang ada,” tuturnya.

Pihaknya mengajak kepada pemuda karang taruna untuk mempunyai kemampuan atau skill apa pun. Hal itu agar bisa memberikan manfaat dan berguna bagi masyarakat masyarakat sekitar. Selain memberikan arahan terkait organisasi, putra bungsu mantan Bupati H Aang Hamid Suganda dan Almarhum Hj Utje Ch Suganda ini, mengucapkan selamat kepada Agung Muliawan, Ketua Karang Taruna Desa Dukuh Tengah terpilih. Wabup berharap agar karang taruna dapat terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk memajukan Kabupaten Kuningan, khususnya di Desa Dukuh Tengah.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kuningan yang merupakan warga Desa Dukuh Tengah H Ujang Kosasih MSi, juga mengucapkan selamat dan sukses kepada anak-anak muda Desa Dukuh Tengah yang telah bergabung menyatukan kekuatan membentuk organisasi karang taruna.

“Semoga organisasi ini menjadi wahana dalam mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat,” harapnya.

Ujang berharap, anak-anak muda di desanya itu dapat termotivasi dengan bergabungnya dalam organisasi karang taruna, untuk belajar sambil beramal. Di karang taruna, anak-anak muda bisa belajar berorganisasi, belajar bekerja sama, belajar saling menghormati, menghargai, dan belajar saling mengorangkan dalam mewujudkan harapan dan cita-cita.

“Saya juga berharap organisasi karang taruna hendaknya dijadikan naungan kebersamaan dalam membantu pemerintahan desa, untuk membangun masyarakatnya baik moril maupun materil,” harap Ujang. (muh)

https://www.youtube.com/watch?v=OU5y6S0NWQ4&t=748s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: