Acep Apresiasi Program TP PKK

Acep Apresiasi Program TP PKK

KUNINGAN–Bupati H Acep Purnama SH MH mengapresiasi program-program yang dilakukan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kuningan selama tahun 2020. Hal ini terungkap, saat rakor bersama TP PKK Kuningan dan SKPD di Pendopo Pemkab Kuningan.

Rakor ini bertujuan untuk membangun sinergi program-program yang akan dilaksanakan pada tahun 2021. Sebab, PKK merupakan mitra strategis taktis pemerintah daerah dalam membumikan pembangunan, agar dapat dirasakan secara langsung di tingkat keluarga dan rumah tangga.

Bupati H Acep Purnama dalam keterangan persnya, kemarin (8/1), mengatakan, mayoritas anggota PKK terdiri dari kaum perempuan dan jaringan mitra di semua tingkatan melalui dasa wisma. Petugas dasa wisma mempunyai peran yang cukup baik, sebagai agen pembangunan yang bermitra dengan pemerintah desa melalui DPMD.

“PKK sendiri memiliki tingkat lingkungan dasa wisma yang setiap kadernya bertanggung jawab 10-20 rumah. Saya optimis kepada PKK dalam membangun perencanaan pelaksanaan serta merealisasikan program secara bersama-sama, yang dimulai dari RT, RW dan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang saleh dan salehah,” ungkapnya.

Menurutnya, jika SKPD memiliki irisan program dan kegiatan dengan PKK. Karena itu, pertemuan dalam rakor ini dimaksudkan agar pelaksanaan kegiatan di SKPD dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan PKK terutama dalam penentuan lokasi, sasaran penerima dan proses pemberdayaan di lapangan.

Ketua TP PKK Kuningan Hj Ika Acep Purnama menambahkan, bahwa masyarakat Kabupaten Kuningan mampu menjadi masyarakat yang sehat dan mandiri. Salah satunya dengan Dinas Kesehatan yakni pemenuhan gizi balita dan anak, serta meningkatkan kesehatan ibu hamil.

“Tak hanya itu, PKK juga berperan penting untuk terjun langsung mendeteksi terkait kejadian yang ada seperti anggaran untuk menurunkan angka stunting, TBC, AIDS dan penyakit lainnya,” imbuhnya.

Selanjutnya di sektor pendidikan, pihaknya telah bekerjasama dengan BNN Kabupaten Kuningan dalam mengedukasi remaja dari bahaya penggunaan narkoba dan pergaulan bebas.

“PKK sendiri juga mempunyai satu program dari PKBM Desa Sadamantra bagi anak-anak yang putus sekolah. Program ini mempunyai kegiatan untuk melatih anak-anak tersebut agar melakukan usaha di Kopi Lendot Mang Elon,” terangnya.

Ia berharap, agar PKK terus bersinergi dengan bupati, SKPD dan lapisan masyarakat untuk memberikan edukasi dan pembagian masker ke setiap desa di Kabupaten Kuningan.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Wakil Ketua TP PKK Hj Yuana Ridho Suganda, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj Ella Dian, serta seluruh Pengurus PKK dan Dharma Wanita Kabupaten Kuningan.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: