Foto Diduga Sriwijaya Air Jatuh Diunggah Ngabalin

Foto Diduga Sriwijaya Air Jatuh Diunggah Ngabalin

JAKARTA- Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengunggah foto pesawat terbang yang tampak akan terjun ke lautan.

Foto itu dikaitkan dengan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu dan kemudian viral.

Dalam foto tersebut, terlihat seorang wanita sedang berpose dengan background laut yang mana terlihat sebuah pesawat terbang menukik tajam ke permukaan air laut.

Baca juga: Kebaikan Kapten Afwan Diungkap Mantan Pramugari Sriwijaya Air

Melalui keterangan unggahan foto tersebut, Ngabalin menuliskan doa bagi para korban.

“Wahai Zat yang menghidupkan dan mematikan, tiada daya dan upaya kecuali di tanganmu lah semuanya bisa terjadi. Temani mereka semua dan kasihlah mereka semua dalam kasih dan sayangmu. Aamin amin Ya Rabbal’Alamin,” tulis Ngabalin dikutip Senin (11/1/2021).

Pakar multimedia dan telematika, Roy Suryo langsung merespons. Dia memastikan foto yang diunggah Ngabalin adalah hasil editan.

Baca juga: Bupati Serahkan SK P3K bagi 427 Orang

Menurut Roy Suryo, dari analisis data jatuhnya Sriwijaya Air, kurang lebih jatuh dengan kecepatan 555,457 km per jam. Sehingga momen jatuhnya Sriwijaya Air itu tidak akan tertangkap jika memotret hanya menggunakan kamera handphone.

“Foto yang diunggah di aku @AliNgabalinNew Minggu 10/01/21 20.13 WIB disinyalir hasil editan. Karena jika analisis kecepatan jatuh SJ-182 +/- 555,457 Km/Jam,” kata Roy.

\"Maka foto sejelas tersebut hanya dapat dibuat dengan kamera (DSLR?) shutter diatas 1/125 detik dan diafragma f/16 atau lebih, bukan HP,” sambung Roy Suryo. (dal/fin)

Baca juga: Cabai Rawit Naik Dua Kali Lipat, Sudah Sepekan Ini Tembus Rp50.000 Per Kilogram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: