Wisuda UNISA Ke-5 Lulusan Berbasis Agama, Entrepreneur, dan Inovasi Teknologi

Wisuda UNISA Ke-5 Lulusan Berbasis Agama, Entrepreneur, dan Inovasi Teknologi

KUNINGAN - Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan kembali mewisuda mahasiswa yang lulus menyelesaikan jenjang pendidikan sarjana. Masing-masing lulusan mengantongi gelar kesarjanaan sesuai program studi berbasis agama, yang didukung semangat entrepreneur dan inovasi teknologi.

Rektor Unisa H Nurul Iman Hima Amrullah SAg MSi menerangkan, kualifikasi lulusan yang didasari nilai-nilai agama dan semangat kewirausahaan berbasis informasi teknologi tersebut, akan menunjang wisudawan untuk senantiasa berperilaku agamis, hidup mandiri, dan berinovasi dalam menyongsong setiap perubahan zaman.

“Berbekal tiga kekuatan besar itu, kami yakin para wisudawan yang merupakan sarjana di bidang pendidikan, sosial, ekonomi, teknik, dan kesehatan ini bisa tampil sebagai lulusan terbaik yang sejalan dengan semangat pengabdian, yakni memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada masyarakat,” kata Nurul Iman, saat mengisi sambutan dalam Wisuda ke-5 Unisa di Hotel Horison, Sabtu (9/1).

Hadir pada kesempatan itu, Pembina Yayasan Al-Ihya Kuningan yang juga Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) pusat, Prof Dr Ir H Budi Djatmiko MSi MEI. Dalam sambutannya, Budi menjabarkan perkembangan arah pendidikan secara global dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang. Dia menegaskan, digitalisasi kampus dan pengembangan kurikulum merupakan sebuah keharusan untuk terus dikembangkan.

Sementara itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, turut bangga dan mengapresiasi Unisa yang setiap tahun meluluskan sarjana di berbagai bidang keilmuan. Menurut Acep, Unisa Kuningan sebagai salah satu lembaga pendidikan Yayasan Al-Ihya melahirkan lulusan terbaik yang generasi unggul dan pinunjul.

”Saya menyaksikan langsung wisuda Unisa menghasilkan lulusan yang luar biasa, baik kualitas maupun kuantitasnya,” kata Acep.

Pada kesempatan itu sambutan wisuda disampaikan juga oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten Prof Dr Uman Suherman MPd. Berbeda dari yang lain, sambutan tersebut disampaikan secara virtual melalui pemutaran video, disaksikan tamu undangan yang terdiri dari pejabat Kopertais Jawa Barat, utusan perguruan tinggi se-Kuningan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan, Civitas Akademika Unisa, wisudawan, dan undangan lainnya.

Selain penghargaan untuk para wisudawan terbaik, pada kesempatan itu dianugerahkan juga penghargaan Satya Karya Bakti Pendidikan kepada Pembina Yayasan Al-Ihya Kuningan Drs HA Nana Rusyana MMPd, dan Satya Karya Purna Bakti kepada Drs Djadjuli MPd. Dua tokoh tersebut selain merupakan perintis yayasan, juga turut mengembangkan seluruh lembaga pendidikan Al-Ihya, salah satunya Unisa.

Panitia penyelenggara wisuda Aris Risdandi SE menerangkan, wisudawan terdiri dari 13 program studi, yakni Prodi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Perbankan Syariah, dan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Selain itu, ada pula Prodi Pendidikan Guru SD, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Bahasa Inggris, dan PJKR, Informatika, Teknik Mesin, Teknologi Pangan, Kesehatan Masyarakat, dan Gizi. (muh/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: