Wabup Edo Hadiri Baksos KWK

Wabup Edo Hadiri Baksos KWK

KUNINGAN– Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi mengikuti bakti sosial (baksos) bersama Komunitas Warga Kuningan (KWK) di Desa/Kecamatan Ciwaru Kuningan, kemarin (19/1). Adapun baksos yang dilakukan berupa pemberian bantuan keramik dan besi kepada korban longsor.

Dalam kesempatan itu, Wabup Edo-sapaan akrab Wakil Bupati Kuningan- mengimbau agar warga tidak membangun kembali hunian rumah di bekas lokasi longsor. Sebab dikhawatirkan masih rentan dengan bencana susulan, apalagi kini masih musim penghujan.

“Jadi untuk wilayah daerah bencana sudah tidak boleh dilakukan pembangunan. Dengan begitu, harus ada kerja sama dengan pemerintah desa dalam penanggulangan bencana khususnya bagi warga terdampak,” kata Wabup Edo.

Edo juga menyampaikan kaitan dengan penggunaan anggaran Dana Desa yang dapat dialokasikan khusus dalam penanggulangan bencana. Hal ini tentu dapat membantu warga terdampak bencana yang betul-betul membutuhkan uluran tangan.

“Maka dari itu, sekarang sudah terdapat sosialisasi penggunaan anggaran Dana Desa untuk penanggualangan bencana. Tetapi tidak bisa digunakan pada lokasi yang tidak diperuntukan dilakukan pembangunan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, saat ini di desa telah ada sosialisasi kaitan dengan wilayah mana saja yang diperbolehkan ataupun tidak dibolehkan pembangunan. Tentunya dengan mempertimbangkan beberapa faktor, khususnya jika di wilayah rawan bencana.

Sementara Wakil Ketua KWK Yayan menjelaskan, jika KWK tediri dari beberapa komunitas di antaranya Akua (Anak Kuningan Asli), GBK (Gabungan Baraya Kuningan), Ojol (Ojek Online) dan LKB (Lintas Kuningan Bersatu). Adapun bantuan yang diserahkan yakni berupa keramik dan besi kepada korban longsor bantaran sungai di Desa Ciwaru.

“Terima kasih sudah menerima kami dari tim relawan Kuningan yang tergabung dari komunitas ojek online dan komunitas facebook. Alhamdulillah kami ikut peduli untuk saling membantu dan sudah berjalan di dua kecamatan, mohon maaf bantuannya sangat seadanya tetapi semoga dapat dipergunakan dengan baik,” jelas Yayan.

Atas bantuan yang diberikan, mendapat respons baik dari penerima. Warga menyampaikan terima kasih terhadap komunitas tim relawan Kuningan yang peduli terhadap sesama, khususnya bagi korban bencana alam di Ciwaru. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: