4 Dus Vaksin Sinovac Tiba di Kuningan

4 Dus Vaksin Sinovac Tiba di Kuningan

KUNINGAN – Sebanyak 7.720 vial vaksin Sinovac dalam kemasan 4 dus, yang masing-masing berisi 1.930 vial, tiba di Kuningan, Rabu (27/1). Dengan dikawal ketat aparat kepolisian, vaksin ini dikirim oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jabar menggunakan kendaraan box. Bersamaan dalam satu kendaraan, ribuan vaksin ini juga sebelumnya dikirim untuk Sumedang dan Majalengka.

Vaksin untuk mencegah Covid-19 tersebut tiba di Kuningan dan langsung diamankan di gudang farmasi, Jalan Raya Cilowa-Kramatmulya, tepat di samping selatan RM Lembah Ciremai. Vaksin ini langsung diserahkan oleh pihak Dinkes Provinsi Jabar kepada Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH.

Ikut mendampingi bupati, Kepala Dinas Kesehatan Kuningan dr Hj Susi Lusiyanti MM, Sekdis H Farid Rubana SE, perwakilan Polres dan Kodim/0615 Kuningan, Kepala Pelaksana BPBD Indra Bayu Permana SSTP, serta sejumlah pihak lainnya.

“Kami menerima 7.720 vaksin dalam keadaan baik, sesuai dengan surat ekspedisinya yang diantarkan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Pengirimannya baik, pengawalannya baik, insya Allah aman. Hari ini (kemarin, red) kami simpan di Gudang Farmasi,” kata Bupati H Acep Purnama saat diwawancarai sejumlah wartawan usai menerima penyerahan vaksin.

Hari itu juga, kata bupati, ada yang sudah siap menerima distribusi vaksin di 15 puskesmas. Sehingga siang kemarin pendistribusian pun langsung dilakukan pendistribusian kepada puskesmas.

“Insya Allah besok (hari ini, red) akan kita launching imunisasi, vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, bupati berpesan kepada seluruh masyarakat Kuningan agar dapat menerima penyuntikan vaksin ke dalam tubuh. Ia memastikan vaksin tersebut cukup aman, karena sudah memenuhi semua persyaratan, baik dari sisi kesehatan, efektivitas, keamanan dan sebagainya, termasuk kehalalannya.

“Sekali lagi saya mengimbau kepada masyarakat, marilah kita saling mendukung dalam rangka pengentasan pandemi Covid-19 di Kuningan, dan pada umumnya di tempat yang lain,” ajaknya.

“Harapannya ya sembuh semua (dari Covid-19). Besok (hari ini, red) kami akan mengundang tokoh-tokoh, pejabat pemerintahan yang dimungkinkan menerima vaksin ini, dalam rangka memberikan edukasi,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinkes Kuningan dr Hj Susi Lusiyanti MM didampingi Kabid P2M dr H Denny Mustafa MKes, menjelaskan terkait pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran pertama diperuntukan kepada para tenaga kesehatan (nakes).

Berdasarkan rapat koordinasi (rakor) dinkes dengan bupati beberapa hari lalu, jumlah nakes dari SISDMK berjumlah 4.187 orang sebagai sasaran. Mereka merupakan para nakes yang sudah mempunyai e-Ticket.

Untuk vaksinasi nakes tahap I, berlaku bagi 3.860 orang sasaran, sehingga tersisa 327 sasaran yang belum divaksin pada vaksinasi tahap I. Ia kembali menyebut jumlah vaksin sebanyak 7.720 vial untuk dua kali penyuntikan.

Kemudian, kata dia, ada sebanyak 50 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) sebagai pemberi layanan vaksinasi yang terdaftar dalam PCare, dan tertuang dalam SK yang ditandatangani oleh Kepala Dinkes Kabupaten Kuningan. Terdiri dari 37 puskesmas, 1 Klinik Polres Kuningan, 1 Klinik Kodim 0615/Kuningan, 1 Klinik Swasta Mitra Husada, 2 RSUD, dan 8 RS Swasta.

Selain itu, kata dia, nakes yang telah dilatih sebagai vaksinator ada 41 orang, terdiri dari 37 orang koordinator imunisasi puskesmas, serta masing-masing 2 orang dokter dan perawat dari RSUD 45 Kuningan dan RSUD Linggarjati. Kemudian untuk tenaga nakes yang akan dilatih sebagai vaksinator, ada sebanyak 270 orang dengan pelatihan dilakukan 2 angkatan. Angkatan pertama 187 orang yang akan dilatih selama 3 hari (28-30/1), dan angkatan kedua sebanyak 83 orang yang akan dilatih juga selama 3 hari (1-3/2) mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: