Warga Keluhkan Kerusakan Jalan

Warga Keluhkan Kerusakan Jalan

KUNINGAN – Banyaknya jalan rusak atau berlubang di banyak titik kini kerap dijumpai baik di akses jalan desa, kabupaten hingga jalan provinsi. Hal ini pun mulai keluhkan para pengguna jalan baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

Kerusakan jalan makin terlihat parah ketika hujan turun, sebab banyak jalan berlubang yang tergenang hingga mirip kubangan air. Akibatnya, tidak sedikit pengendara roda dua harus menghindari genangan air saat melintas di jalan tersebut.

Sontak kondisi ini dikeluhkan sejumlah pengendara yang melintas. Tak sedikit pula yang mengaku menjadi korban jalan berlubang hingga terjatuh dari sepeda motornya. Misalnya saja dialami seorang warga Cigugur Kabupaten Kuningan. Akibat lubang yang terdapat di tengah jalan, membuat sepeda motornya terjungkal saat melintas jalan raya Gunungkeling-Cigugur.

“Kalau siang mungkin masih kelihatan jalan rusaknya, nah pas lewat malam susah karena gelap. Ditambah hujan juga, semoga jalan-jalan yang berlubang bisa segera diatasi,” kata Hasbi, kemarin (28/1).

Dia mengaku, saat melintas jalan pada malam hari sekira pukul 21.00 WIB terjatuh akibat jalan berlubang. Alhasil tangan kiri pada bagian siku luka-luka dan lecet di bagian lain. “Pas jatuh motornya kemana saya kemana, sakit lah jatuh dari motor. Katanya sih memang banyak juga di situ yang jatuh karena lubang jalan,” ungkapnya.

Terpisah, Bupati H Acep Purnama SH MH mengakui jika saat ini telah memerintahkan SKPD terkait untuk memberikan surat kepada pemerintahan di atas, khususnya bagi jalan-jalan rusak milik provinsi dan nasional. Sedangkan jalan-jalan yang pemeliharaan di bawah kewenangan kabupaten, kini tengah dilakukan pendataan.

“Saya sudah memerintahkan SKPD terkait untuk menyurati ke pihak terkait khususnya jalan-jalan berlubang milik provinsi dan nasional. Kalau jalan kabupaten sedang kami tracking untuk diperbaiki,” sebut Bupati Acep.

Terkait kapan perbaikan akan segera dilakukan, bupati menuturkan, perbaikan jalan baru akan dilakukan jika situasi cuaca sudah memungkinkan. Artinya, apabila curah hujan sudah mulai rendah maka segera dilakukan. “Hanya persoalan perbaikannya, kalau sekarang intensitas curah hujan masih tinggi jadi kualitasnya tidak akan baik. Mudah-mudahan nanti pada Maret atau April, intensitas hujan kecil sambil persiapan lebaran bisa diperbaiki segera,” jawabnya.

Jika saat ini banyak jalan rusak hingga berlubang, bupati secara pribadi dan kepala daerah memohon maaf kepada masyarakat Kabupaten Kuningan. Namun yang jelas, di tahun ini akan segera diselesaikan perbaikan jalan-jalan yang mengalami kerusakan.

“Jadi kalau sekarang ada jalan-jalan berlubang bahkan rusak, saya sampaikan permohonan maaf. Insya Allah tahun ini akan kami segera selesaikan, target kami hanya menjelang Lebaran saja bisa selesai,” pungkasnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: