Yudi Nugraha Jadi Kadisdukcapil

Yudi Nugraha Jadi Kadisdukcapil

KUNINGAN-Siapa pejabat yang akan menjadi Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) hasil seleksi jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama, akhirnya terjawab. Ini setelah Bupati H Acep Purnama akan melantik Drs Yudi Nugraha MPd sebagai Kepala Disdukcapil. Pelantikan pria yang sempat menjabat sebagai Kabag Humas Setda Kuningan itu akan dilakukan oleh Bupati H Acep Purnama hari ini, Selasa (2/2) pukul 08.00 di Aula Disdukcapil. Pihak BKPSDM sudah melayangkan surat kepada Yudi Nugraha untuk mempersiapkan diri menghadapi pelantikan. Yudi bersama dua pesaingnya Muhamad Thofa SSi MSi dan Imat Masriadi SIp MSi bersaing di seleksi JPT. 

Kepada Radar, Drs Yudi Nugraha MPd mengakui jika dirinya sudah menerima surat undangan untuk dilantik menjadi Kepala Disdukcapil, Senin sore (1/2). Dalam surat undangan itu disebutkan jika pelantikan dilakukan di Aula Disdukcapil, dan akan dilantik langsung oleh Bupati Acep. Uniknya, Yudi sempat mendapat surat penunjukkan dari bupati sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil, beberapa hari sebelumnya. Dia sendiri mulai bertugas sebagai Plt hari Senin (1/2) dan sorenya mendapat surat undangan untuk dilantik.

Menurut Yudi, sebenarnya surat penunjukkan sebagai Plt diterimanya sebelum akhir pekan. Namun karena terbentur dengan hari libur, maka dia baru bisa memulai tugasnya hari Senin (1/2). “Surat penunjukkan sebagai Plt oleh pak bupati, sudah saya terima beberapa hari lalu. Tapi saya tidak bisa langsung mengisinya karena Pak Raji (Plt Kadisdukcapil) pensiun 1 Februari ini. Jadi, saya memulai tugas per hari Senin di Disdukcapil. Dan sore harinya, saya menerima surat undangan pelantikan sebagai Kepala Disdukcapil. Berarti saya hanya sehari menjadi Plt,” terang Yudi, kemarin petang (1/2).   

Yudi mengaku tidak asing dengan tugas barunya sebagai Plt Kepala Disdukcapil. Sebab, dirinya pernah menjadi pegawai BKKBN sebelumnya selama bertahun-tahun. Sehingga dia mengetahui betul tugas dan fungsi yang harus dijalankannya.

“Tak masalah, karena kependudukan bukan hal baru bagi saya. Dulu saya pernah di BKKBN di mana di dalamnya ada juga kependudukan. Saya berharap, semoga mampu menjalankan amanah ini. Apalagi Disdukcapil merupakan instansi yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat,” kata Yudi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan.

Dalam seleksi JPT yang digelar beberapa waktu lalu oleh Pemkab Kuningan, posisi kepala Disdukcapil dilamar oleh tiga orang. Yakni Drs Yudi Nugraha MPd, Muhamad Thofa SSi MT, dan Imat Masriadi SIp MSi. Thofa dan Imat terpaksa harus mengubur mimpinya menjadi Kepala Disdukcapil karena Menteri Dalam Negeri (Mendagri) akhirnya memilih Yudi Nugraha. Namun peluang keduanya untuk bisa melenggang ke Eselon II tetap terbuka asalkan kembali ikut dalam seleksi JPT yang akan datang. Ditambah lagi usia Muhamad Thofa dan Imat Masriadi juga terbilang masih muda. Thofa kelahiran 01 November 1969 dan Imat dilahirkan 15 Agustus 1968, sehingga masih bisa ikut open bidding dalam beberapa tahun ke depan.

Untuk tahun ini, sejumlah posisi di level Eselon II akan kembali kosong lantaran ditinggal purna tugas oleh pejabatnya. Tercatat sebanyak lima jabatan Eselon II yang akan kosong sepanjang Februari sampai Desember. Yang sudah purna tugas mulai 1 Februari adalah Asisten Daerah (Asda) Bidang Administrasi yang juga Plt Kadisdukcapil, H Raji Mkes. Kemudian dilanjut oleh Staf Ahli Bupati, H Amiruddin SSos MSi, Kepala Dinas Peternakan, Perikanan, Ir Bunbun Budiyasa, Kepala Bappenda, Drs H Apang Suparman MSi, dan Kepala Dinas Perhubungan, Drs Jaka Chaerul.

Berdasarkan data kepegawaian, H Amiruddin SSos MSi yang akan meninggalkan posisinya sebagai Staf Ahli Bupati mulai 1 Mei 2021. Sedangkan Ir Bunbun Budiyasa pensiun pada tanggal 1 September. Dua kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang sama sama purna tugas yaitu Drs H Apang Suparman MSi dan Drs Jaka Chaerul. Keduanya dipastikan lengser keprabon di tanggakl 1 Desember 2021.

“Masa tugas saya tidak lama lagi karena akan pensiun tanggal 1 September mendatang. Sekarang saya enjoy di Dinas Perikanan dan Peternakan, semoga saja sampai pensiun tetap di sini” ujar Bunbun.

Selain akan melantik Yudi, bupati juga sudah menunjuk Dian Fenti Asmara, Staf Ahli Bupati sebagai Plt Asisten Administrasi Setda Kuningan yang kosong lantaran H Raji MKes purna bakti per 1 Februari 2021. “Pak Yudi Nugraha dilantik hari Selasa (2/2) oleh Pak Bupati. Pelantikan Pak Yudi cukup lama karena menunggu Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri. Kemudian untuk Plt Asisten Administrasi Daerah, Pak Bupati mempercayakan kepada Ibu Dian Fenti Asmara yang menjabat Staf Ahli Bupati,” jelas Kepala BKPSDM Kabupaten Kuningan, Drs H Nurahim MSi melalui Kabid Perpindahan, Pengangkatandalam Jabatan, Kesejahteraan Pegawai, dan Fasilitasi Profesi ASN, Dodi Sudiana SSTP MSi. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: