Kadiskominfo Raih Penghargaan G-CIO Jabar

Kadiskominfo Raih Penghargaan G-CIO Jabar

KUNINGAN-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kuningan Dr Wahyu Hidayah MSi meraih penghargaan di acara Pelatihan Government Chief Information Officer (G-CIO) di Kota Bandung, Jabar, kemarin (3/2).

Ia menjadi salah satu peserta terbaik pada kegiatan yang diadakan Diskominfo Jabar. Selain Kuningan, penghargaan serupa diberikan kepada Kota Bandung dan Kota Cimahi. Raihan tersebut membuktikan bahwa Diskominfo Kuningan mampu bersaing dengan 15 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat. 

Kadiskominfo Dr Wahyu Hidayah MSi menerangkan, acara pelatihan G-CIO ini berlangsung selama 3 hari tanggal 1-3 Februari 2021, bertempat di Art Deco Luxury Hotel and Residence Kota Bandung dengan agenda sangat padat. Dua hari pertama diisi materi dan praktik, menginjak hari ketiga dilaksanakan uji kompetensi secara online oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

“G-CIO sendiri merupakan jabatan strategis yang memadukan teknologi dan sistem informasi, dengan aspek-aspek manajemen lain agar dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pencapaian tujuan organisasi pemerintahan,” jelas dia.

Kegiatan pelatihan ini ditujukan guna meningkatkan pemahaman serta kompetensi, khususnya bagi para Kepala Dinas yang menyelenggarakan urusan Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian sebagai Government Chief Information Officer (G-CIO). “Sekaligus agar dapat mengkoordinasikan penyusunan dan pemuktahiran rencana strategis teknologi informasi dan komunikasi, serta dapat menyusun dan melaksanakan kebijakan, standar dan prosedur dengan baik terkait teknologi informasi dan komunikasi yang bertanggung jawab atas perencanaan, penyelarasan, penyiapan, implementasi dan evaluasi SPBE,” ujar Wahyu. 

Selain itu, pelatihan G-CIO dilaksanakan dalam rangka menyiapkan SDM. Hal ini untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi untuk seluruh Kepala Diskominfo kabupaten/kota se-Jabar.

“Alhamdulillah di awal saya menjabat menjadi Kadiskominfo, saya diberikan kesempatan oleh Dinas Kominfo Jawa Barat mengikuti pelatihan G-CIO bersama 14 Kepala Dinas Kominfo kabupaten/kota se-Jawa Barat. Sertifikat G-CIO merupakan kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh kepala SKPD yang menyelenggarakan urusan komunikasi dan informatika, statistik dan persandian,” kata Dr Wahyu Hidayah usai menerima penghargaan.

Menurutnya, ilmu pengetahuan, informasi dan wawasan baru yang didapatkan menjadi bekal dalam memimpin dan menjalankan tugas-tugas kedinasan di instansinya. Dengan pencapaian prestasi ini, diharapkan menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Diskominfo Kuningan agar memberikan pelayanan terbaiknya bagi pembangunan daerah.

“Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi jajaran Dinas Kominfo Kabupaten Kuningan, untuk menciptakan dampak positif yang lebih besar guna menunjang dan mewujudkan visi misi Kabupaten Kuningan. Khususnya untuk urusan komunikasi dan informatika, statistik dan persandian,” tutupnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: