Wabup Ridho Tebar 15.000 Benih Ikan Nila

Wabup Ridho Tebar 15.000 Benih Ikan Nila

KUNINGAN–Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan melakukan penebaran benih ikan nila sebanyak 15 ribu ekor. Penebaran belasan ribu benih ikan ini menyasar sebanyak 30 kolam ikan milik masyarakat Kabupaten Kuningan.

Aksi tebar benih ikan ini salah satunya dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi di Desa Indapatra Kecamatan Cigugur Kuningan. Hadir pula Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Ir Bunbun Budhiyasa, Kabid Perikanan Deni Rianto, Kepala Desa Indapatra Dedy Suardi serta tokoh masyarakat dan pemuda Karang Taruna setempat.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Ir Bunbun Budhiyasa menuturkan, penaburan benih ikan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah, dalam upaya memperkuat cadangan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Adapun benih ikan yang ditebar sebanyak 15.000 ekor ikan nila yang akan disebar ke 30 kolam milik masyarakat.

“Alhamdulillah bersama Pak Wakil Bupati, kita bersama-sama menebar 15.000 ekor benih ikan nila. Rencananya akan ditebar di 30 kolam milik masyarakat,” ujar pejabat pemegang rekor mutasi paling banyak di Pemkab Kuningan tersebut, kemarin (4/2).

Bunbun berharap, gerakan penebaran benih ikan ini dapat dimanfaatkan oleh warga untuk dibudidayakan dengan baik. Masyarakat pun dapat mengelola dan mengembangkan benih ikan sehingga bisa memberikan manfaat.

Sementara Wakil Bupati HM Rdiho Suganda SH MSi mengatakan, aksi tebar benih ikan ini diharapkan bisa memotivasi warga untuk mengembangkan budidaya ikan. Sehingga hasilnya dapat berdaya hasil guna dan membuka peluang bisnis budidaya ikan.

“Mudah-mudahan benih ikan yang kita terbarkan ini bisa menjadi penyemangat masyarakat, untuk mampu secara mandiri memenuhi kebutuhan pangan. Salah satunya mendorong masyarakat memperkuat cadangan pangan dengan cara menebar benih ikan. Insya Allah nantinya bisa panen dan menjadi sumber protein masyarakat sekaligus meningkatkan penghasilan bagi pembudidaya dan keluarga,” ungkapnya.

Tak lupa, wabup meminta kepala desa setempat agar selalu melakukan inovasi, terutama dalam bidang pemberdayaan masyarakat yang akan berdampak pada pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Jadi dengan adanya Dana Desa, saya minta Pak Kuwu beserta jajaran di pemerintahan Desa Indaptra untuk terus melakukan inovasi atau terobosan-terobosan terutama di bidang pemberdayaan masyarakat. Sehingga perekonomian masyarakat bisa kembali pulih akibat dampak pandemi Covid-19,” pinta orang kuat kedua di Pemkab Kuningan tersebut.

Wabup Edo juga mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap patuh menjalankan protokol kesehatan melalui gerakan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Kemudian warga untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam aktivitas keseharian.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: