94 Kepala SMP dan SD Dilantik

94 Kepala SMP dan SD Dilantik

KUNINGAN–Bupati H Acep Purnama SH MH melantik dan mengambil sumpah jabatan bagi 94 kepala sekolah baik tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Dasar (SD). Kegiatan yang dilakukan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kuningan ini, kemarin (19/2), disaksikan langsung Kepala BKPSDM Drs H Nurahim MSi dan Kepala Disdikbud Drs H Uca Somantri MSi.

Pelantikan secara virtual ini dihadiri pula Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi. Termasuk para pejabat dari lingkungan Disdikbud maupun BKPSDM Kuningan.

Adapun jumlah kepala sekolah di tingkat SD ada sebanyak 81 orang. Sedangkan kepala sekolah yang dilantik dari tingkat SMP hanya 13 orang.

Bupati H Acep Purnama dalam keterangan persnya, menyampaikan, penugasan dan alih tugas (mutasi) yang dilaksanakan ini karena adanya kekosongan jabatan kepala sekolah, baik mereka yang pensiun maupun meninggal dunia.

“Karena itu, saya menghaturkan selamat kepada saudara-saudara, baik yang pertama kali yang mendapat penugasan sebagai kepala sekolah atau mutasi sebagai kepala sekolah. Semoga pada masa yang akan datang dapat melahirkan generasi penerus yang unggul dan berkualitas, maka saudara yang pada hari ini dilantik memiliki tanggung jawab moral sebagai garda terdepan demi terwujudnya cita-cita tersebut,” pintanya.

Dia meminta, pejabat yang baru dilantik dapat melaksanakan tugasnya secara konsisten. Jadilah manajerial yang baik, sehingga tata kelola di lingkungan sekolah dapat berjalan baik.

“Sebagai kepala sekolah adalah tugas tambahan, untuk memanage bahkan sekarang sudah tidak diwajibkan lagi memberikan pelajaran. Esensi sebagai guru iya, tapi tidak diwajibkan untuk menjadi pengajar kecuali ada kekosongan, itu lebih baik,” ujarnya.

Ia menyebut, kepala sekolah kini lebih diperankan sebagai manajer. Yakni berfungsi untuk mengarahkan maupun mengawasi program dan konsep pelaksanaan di lingkungan sekolah.

“Termasuk bagaimana memanage aset-aset yang dimiliki sekolah itu sendiri. Bahwa untuk memajukan pendidikan ini kita harus menyediakan sarana dan prasarana, yang paling pokok ruang kelas baik baru maupun baru,” ucapnya.

Terakhir, Bupati Acep berpesan, agar seluruh pejabat sekolah yang dilantik untuk mengedepankan attitude, agar menjadi suri tauladan bagi guru maupun peserta didik di lingkungan sekolahnya. Lakukan segala inovasi demi perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, tingkatkan profesionalitas dan kinerja guru di lingkungan kerja, serta bijak dalam menggunakan media sosial.

“Saya percaya saudara akan memegang teguh dan melaksanakan sumpah yang telah diikrarkan. Saya berharap, kepala sekolah yang dilantik pada hari ini dapat segera menyesuaikan dengan lingkungan baru dan membawa sekolah yang dipimpin menjadi sekolah yang berkualitas,” tutupnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: