Vaksinasi Masal Menyasar 2.112 Orang

Vaksinasi Masal Menyasar 2.112 Orang

KUNINGAN–Pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kuningan menggelar vaksinasi Covid-19 secara masal di GOR Ewangga Kuningan, kemarin (16/3). Total vaksinasi masal ini ditargetkan sebanyak 2.112 orang dari 12 kelompok penerima vaksin.

Adapun vaksin Covid-19 yang disuntikkan masih sama yakni jenis Sinovac. Bahkan dari ribuan penerima vaksinasi itu, sebanyak 62 orang di antaranya merupakan kalangan wartawan.

“Alhamdulillah hari ini kita pertama kalinya mengadakan vaksinasi masal tersentralisasi. Selama ini, kita hanya mengadakan vaksinasi setiap harinya namun tidak tersentralisasi,” kata Kepala Dinkes Kuningan dr Susi Lusiyanti saat ditemui awak media.

Dia menyebutkan, target penerima vaksinasi masal ini sebanyak 2.112 orang dari berbagai kelompok. Sejumlah kelompok penerima vaksin itu di antaranya wartawan, PLN, PAM Tirta Kamuning, BPJS, PT Pos Indonesia hingga pedagang pasar dan beberapa kelompok lain.

“Kita menargetkan sebanyak 2.112 orang yang divaksin ini selesai hari ini. Sebenarnya kita mengadakan juga untuk aparat desa dan kecamatan, tapi tidak tersentralisasi di GOR Ewangga. Mereka menjalani vaksinasi ini di masing-masing kantornya di 32 kecamatan,” imbuhnya.

Terkait banyaknya antrean yang menimbulkan kerumunan, Ia berpendapat, apabila hal itu menjadi risiko tersendiri. Namun untuk mencegah terlalu membeludaknya antrean, pihaknya juga melibatkan petugas kepolisian.

“Ya kita segala sesuatunya harus mengambil risiko, kalau kita tidak mengadakan sentra vaksinasi masal, maka Kuningan bisa sampai 5 tahun ke depan baru selesai vaksinasinya. Sehingga kita mengambil risiko, dan itu adalah instruksi dari Kemenkes juga, dan teman-teman kabupaten lain juga melaksanakan vaksinasi tersentralisasi seperti ini. Mudah-mudahan itu masih bisa kita kendalikan, karena misal penumpukan di luar kita sudah bekerjasama dengan petugas terkait,” ujarnya.

Dia menjelaskan, tim yang diterjunkan untuk melaksanakan program vaksinasi masal ini sebanyak 150 tenaga kesehatan dari Dinkes Kuningan dan 12 UPTD Puskesmas.

Sementara berdasarkan data Crisis Center Covid-19 Kabupaten Kuningan pada Selasa (16/3), tercatat total terkonfirmasi positif Covid-19 kini mencapai 3.864 kasus. Masih terdapat kenaikan 12 kasus positif dari sehari sebelumnya, yakni dengan total 3.852 orang.

Kemudian dari total kasus positif itu, terdapat 3.430 orang sudah dinyatakan sembuh. Masih ada 356 orang menjalani karantina, serta 78 orang dinyatakan meninggal dunia.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: