Gagas Musala Ramah Lingkungan

Gagas Musala Ramah Lingkungan

KUNINGAN - Salah satu indikator kinerja utama perguruan tinggi adalah kualitas penelitian. Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Kuningan (Uniku) melakukan penandatangan nota kesepahaman kerja sama (MoU) dengan Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Proses penandatanganan MoU tersebut berlangsung di Ruang Fakultas Biologi Unsoed Purwokerto Jawa Tengah, kemarin (19/3).

“Joint research ini bertujuan untuk sharing pengalaman penelitian, termasuk sharing sumber daya manusia dan finansial,” kata Dekan Fahutan Dr Yayan Hendrayana MSi.

Menurutnya, implentasi dari MoU tersebut, dalam waktu dekat akan dilakukan penelitian bersama antara Fahutan Uniku dengan Fakultas Biologi Unsoed yang akan mengambil lokasi di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

“Insya Allah, implementasi dari kerja sama yang sudah ditandatangani hari ini, dalam waktu dekat akan dilaksanakan kegiatan penelitian bersama antara Fakultas Biologi Unsoed dengan Fahutan Uniku,” ujarnya.

Dikatakan, ada sejumlah topik penelitian yang akan dilaksanakan bersama. Tidak hanya laporan penelitian yang akan dihasilkan, tetapi juga termasuk turunan dari penelitian tersebut, antara lain pengabdian masyarakat, jurnal ilmiah, monograf, dan buku.

Yayan menambahkan, Fahutan Uniku juga saat ini sedang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat berbasis musala. Dalam hal ini kegiatan difokuskan di Musala Sabilil Muhtadin Desa Ciputat Kecamatan Ciawigebang.

“Fahutan Uniku menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dengan melakukan pemberdayaan masyarakat berbasis musala. Kita memanfaatkan lahan musala untuk menanam tanaman di polybag bersama masyarakat atau jamaah musala. Bahkan, Fahutan juga tetap istiqamah menjalankan program Nasi Jumat Berkah bagi anak yatim dan duafa,” tambahnya.

Yayan berharap, semua kegiatan yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan lancar, sukses dan barokah. “Semoga, semua kegiatan yang sudah direncanakan diberikan kelancaran, kesuksesan dan ada dalam lindungan-Nya,” harap mantan Wakil Dekan II Fahutan Uniku yang merupakan jebolah S3 Unsoed Purwoker6to tersebut. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: