Desa Pinunjul Penghasil Bawang Goreng

Desa Pinunjul Penghasil Bawang Goreng

KUNINGAN – Bupati H Acep Purnama SH MH berkesempatan mengunjungi Desa Sukamulya Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan, kemarin (24/3). Sebagai salah satu desa pinunjul, Desa Sukamulya merupakan kawasan penghasil bawang goreng di Kabupaten Kuningan.

Tercatat ada empat pabrik bawang goreng yang mengolah komoditi pertanian berupa bawang merah. Bawang goreng ini menjadi salah satu produk unggulan yang diproduksi IKM PD Anugerah di desa setempat.

Keberadaan pabrik bawang goreng berdampak pula terhadap penyerapan tenaga kerja dari warga setempat. Selain bawang merah, hasil pertanian unggulan lain yang menonjol adalah jahe merah.

Kepala Desa Sukamulya Oong Sukansa SH mengatakan, Desa Sukamulya saat ini memiliki sebanyak empat pabrik pengolahan bawang merah. Dari seluruh pabrik yang ada, mampu menyerap tenaga kerja hingga 70 persen di desanya.

Ia juga menyampaikan kaitan dengan progress pembangunan Masjid Desa Sukamulya, setelah dikunjungi langsung Bupati Acep. Sekarang progress pembangunan masjid mencapai 60 persen, dengan akumulasi biaya yang dibutuhkan berkisar Rp6 miliar.

“Alhamdulillah proses pembangunan ini tak luput dari bantuan masyarakat baik materil maupun nonmateril,” tukasnya.

Melihat adanya pembangunan masjid, Bupati Acep berencana memberikan sumbangan pribadi senilai Rp5 juta. Kemudian dari pihak pemerintah daerah akan menyumbang sebanyak 100 sak semen.

“Menjadi desa pinunjul merupakan prestasi, karena dari 361 desa di Kabupaten Kuningan hanya terpilih 100 desa pinunjul. Saya ingin ke depan dinas dapat bersinergi dengan Desa Sukamulya maupun desa pinunjul lain, sehingga tercipta suatu kerjasama yang harmonis,” kata Bupati Acep mengawali perbincangan.

Menurutnya, selain karena memiliki potensi, penetapan desa pinunjul juga berkaitan dengan kompetensi dalam salah satu bidang yang bisa dikembangkan oleh desa.

“Saya harap kepada seluruh komponen untuk mendukung program unggulan, sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Kuningan yang pinunjul pada 2023, seperti yang ada dalam visi misi Kuningan Maju. Saya yakin, masyarakat Desa Sukamulya dapat merealisasikan Desa Sukamulya sebagai desa pinunjul pada 2023,” tutupnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: