Pembangunan Cilebak Perlu Penanganan Khusus

Pembangunan Cilebak Perlu Penanganan Khusus

KUNINGAN–Bupati H Acep Purnama SH MH berkesempatan hadir dalam sebuah acara silaturahmi Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Nasional di Desa Legokherang Kecamatan Cilebak, Minggu (28/3). Awalnya, acara silaturahmi ini akan dihadiri Wakil Gubernur Jabar H Uu Ruzhanul Ulum.

Hanya saja, Wagub Jabar berhalangan hadir karena bersamaan dengan kegiatan bersama Gubernur Ridwan Kamil. Jika Wagub Jabar datang, Bupati Acep ingin mengajak untuk berkeliling melihat situasi pembangunan di wilayah Cilebak.

“Sebetulnya kalau Pak Wakil Gubernur datang, saya akan ajak berkeliling untuk melihat situasi, kondisi dan permasalahan yang ada di Kecamatan Cilebak. Tentu dalam upaya pembangunan seperti jalan yang rusak, pembangunan puskesmas, gedung sekolah dan perkembangan teknologi serta hal yang lain,” kata Bupati Acep.

Walaupun tidak hadir, Acep tetap menyampaikan kaitan dengan pembangunan yang harus segera dilakukan di Kecamatan Cilebak. Sebab pembangunan di Kecamatan Cilebak perlu penanganan khusus.

“Kami akan terus berusaha untuk cari peluang baik dari anggaran yang berasal dari APBD, provinsi maupun yang lain. Sehingga pembangunan Kecamatan Cilebak akan segera dilaksanakan untuk memberikan kesejahteraan masyarakat,” tekadnya.

Bupati Acep mengingatkan, kaitan dengan kondisi pandemi Covid-19 agar bisa bekerjasama dengan satgas untuk dilakukan kewaspadaan baik dari tokoh agama, tokoh masyarakat, ketua RT/RW, pemuda dan semua pihak dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Tentu tak lepas memohon perlindungan kepada Allah SWT agar senantiasa terlepas dari pandemi ini, semoga Kuningan menjadi zona aman,” ucapnya.

Kaitan dengan adanya pertemuan Asosiasi BPD Nasional ini, Acep tidak ingin lagi mendengar adanya BPD dengan kepala desa yang tidak selaras.

“Kalau ada perbedaan pendapat usahakan lewat musyawarah mufakat, belum beres lewat kecamatan, belum bisa juga lewat para sepuh. Jadi BPD dengan kepala desa harus membangun sinergitas,” pintanya.

Sementara Ketua Asosiasi BPD Nasional Jabar Solihin menjelaskan, beberapa tugas BPD di antaranya yakni menyepakati rancangan pembangunan desa baik pembangunan fisik dan pemberdayaan. Kemudian menggali serta menampung aspirasi masyarakat, serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

“Hal ini dilakukan, agar masyarakat semua bisa menikmati hasil pembangunan,” ujarnya.

Sementara Anggota DPRD Kuningan H Jajang Jana mengapresiasi, atas kunjungan Bupati Acep di Desa Legokherang Kecamatan Cilebak. Semoga kunjungan kerja ini akan mempercepat pembangunan di wilayah Cilebak.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: