Wagub Resmikan Program SMK Membangun Desa

Wagub Resmikan Program SMK Membangun Desa

KUNINGAN - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, secara resmi membuka Program SMK Membangun Desa di SMK Karya Nasional (KarNas) Kuningan, Jalan Raya Cirendang-Gunungkeling, Jumat (2/4).

Program SMK Membangun Desa selaras dengan salah satu visi misi Jawa Barat, yakni Desa Juara, melalui program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa). Tujuannya, memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa, yang dipadukan dengan sumber daya manusia yang ada di desa.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum atau yang sering di sapa Kang Uu mengatakan, jika sebelumnya alumnus SMK banyak yang bekerja sebagai karyawan di perusahaan atau lembaga, saat ini pihaknya mengharapkan alumni SMK bisa meningkatkan pembangunan di desanya masing-masing.

“Jadi, nanti alumninya itu membuat usaha di desa, sehingga dapat meningkatkan pembangunan di desa,” harap Kang Uu.

Kang Uu mencontohkan, jika ada alumni SMK yang memiliki kemampuan dalam bidang bengkel, maka nantinya akan diarahkan untuk bisa membuat bengkel di desa. Selain itu, Kang Uu juga berharap, lulusan dari SMK Membangun desa ini, nantinya bisa memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh desa, untuk dijadikan sebagai salah satu usaha.

“Misalkan pertanian, pariwisata, pertambangan dan lainnya,” ujar Kang Uu.

Ia juga menegaskan, kepada guru SMK harus mampu menanamkan kepribadian yang bersifat keberanian sehingga akan berani untuk bersikap, melangkah, dan mempunyai cita-cita.

“Hidup itu harus punya cita-cita, keinginan, dan keberanian untuk bersikap,” ungkapnya.

Untuk bisa mensukseskan progam ini, Kang Uu juga mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah setempat. Bahkan, dalam program ini, pihaknya juga akan menggandeng pemerintah desa untuk langsung diajak kerja sama.

“Dengan Program SMK Membangun Desa ini selaras dengan visi misi kami yang dimaksud dengan Desa Juara, di dalamnya ada Gerbang Desa (Gerakan Membangun Desa). Sebab, inti dari Gerbang Desa adalah memanfaatkan SDA yang ada di desa dipadukan dengan SDM yang ada di desa. Maka pemanfaatan suatu desa adalah suatu solusi dalam meningkatkan status desa di Jawa Barat,” harapnya lagi.

Sementara itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan, khususnya kepada Wagub Jabar yang telah meresmikan SMK Membangun Desa di Kabupaten Kuningan.

Acep berharap, SMK nantinya bisa meluluskan siswa yang memiliki kompetensi dalam bidang usaha, dan bisa berkiprah untuk ikut serta membangun Kabupaten Kuningan. Ia pun mengajak untuk memanfaatkan momentum tersebut selaras juga dengan Visi Kabupaten Kuningan, yakni Kuningan MAJU (Makmur, Agamais, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023.

“Program ini bisa berjalan apabila kita wujudkan dengan kebersamaan, termasuk dukungan oleh seluruh pihak terkait. Karena salah satu kesuksesan Kabupaten Kuningan, tidak terlepas dari lahirnya kebijakan-kebijakan kita bersama,” ungkapnya.

Acep juga mengucapkan terima kasih atas ide dan jasa baik dari keluarga SMK se-Kabupaten Kuningan, khususnya SMK Karnas. Hal itu merupakan ide pencanangan yang tepat sasaran, serta akan berdaya guna dan berhasil guna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: