Acep Serap Aspirasi Kepala Desa

Acep Serap Aspirasi Kepala Desa

KUNINGAN – Bupati H Acep Purnama SH MH menghadiri acara silaturahmi bersama perangkat desa sekaligus kepala desa se-Kecamatan Pasawahan, akhir pekan kemarin. Kegiatan ini sebagai ruang pemerintah daerah, untuk menyerap aspirasi para kepala desa dalam memajukan setiap desanya masing-masing.

Sebab pemerintah daerah memiliki komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi misi pemerintah daerah menuju Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa 2023.

Bupati H Acep Purnama menyampaikan, ada beberapa target yang harus dilakukan untuk mewujudkan Kuningan Maju. Misalnya di bidang pariwisata, Pemkab Kuningan memiliki target untuk menciptakan 25 desa dari 361 desa menjadi desa wisata yang pinunjul.

“Dalam rangka mengangkat potensi lokal yang lainnya termasuk kearifan lokal di antaranya nilai religi dan budaya, kami memiliki target membangun 100 desa pinunjul. Kemudian kegiatan pariwisata di Kuningan didasari berbasis alam, hal tersebut menjadi modal dan kekuatan utama Kabupaten Kuningan,” tandasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya kini tengah menggarap setiap potensi desa yang menjadi program penting untuk dilakukan. Sehingga diharapkan akan mampu menciptakan pertumbuhan pembangunan di tingkat desa.

“Alhamdulillah, tahun ini atas kerja keras yang dilakukan, kita mendapat bantuan dari berbagai pihak terkait pembangunan desa wisata. Untuk desa lainnya se-Kecanatan Pasawahan, saya ingin agar menerapkan konsep menjadi desa wisata, atau paling tidak menjadi desa pinunjul,” harapnya.

Karenanya, Ia mengimbau agar seluruh kepala desa di Kecamatan Pasawahan untuk bersinergi. Sehingga dapat tercipta konsolidasi dan kesamaan persepsi antar kepala desa se-Kecamatan Pasawahan.

“Untuk meraih semua itu, maka Pemerintah Kecamatan Pasawahan harus selalu bersinergi dengan masyarakat desa dan pemerintah daerah. Sehingga Pasawahan dapat menjadi kecamatan yang lebih maju lagi,” imbuhnya.

Sementara Camat Pasawahan Cecep Hendra Krissianto SSTP MSi menuturkan, kegiatan ini diadakan untuk memupuk kebersamaan di tengah-tengah rutinitas sebagai bagian dari pemerintah daerah.

“Terima kasih kepada Pak Bupati, yang selama ini selalu memberikan arahan dan bimbingan kepada saya dan rekan-rekan di wilayah Kecamatan Pasawahan sehingga menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Sejak pandemi Covid-19, lanjutnya, pemerintahan desa kompak dalam melaksanakan kebijakan pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus corona.

“Kami bersinergi mulai dari pembentukan posko setiap desa sampai memberlakukan pembatasan kegiatan yang melibatkan kerumunan. Saya harap, tahun ini kita dapat melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tutupnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: