Koramil Luragung Bantu Pembuatan Saluran Air

Koramil Luragung Bantu Pembuatan Saluran Air

KUNINGAN - Anggota Koramil 1507/Luragung dan warga melaksanakan karya bakti pembuatan saluran air yang berlokasi di Blok Sawah Samahina, Desa Sindangsuka Kecamatan Luragung, Jumat (23/4).

Menurut Danramil 1507/Luragung, Kapten Kav Suharto, saluran yang akan dibangun tersebut memiliki panjang 600 meter dan lebar 80 cm. Pembuatan saluran ini bertujuan agar bisa dimanfaatkan sebagai penunjang pertanian.

“Air sangat diperlukan bagi lahan pertanian, dengan pembangunan saluran air diharapkan bisa meningkatkan hasil panen petani,” katanya.

Selain menunjang pertanian, pembangunan saluran air ini juga sebagai langkah antisipasi agar pada musim penghujan nanti tidak terjadi banjir. Karena banjir bisa merusak tanaman milik masyarakat.

“Sebelumnya setiap turun hujan, air selalu menggenangi badan jalan dan sulit untuk dilewati kendaraan roda dua dan roda empat. Ia berharap dengan dibuatnya saluran air (drainase) akan mengurangi kerusakan jalan,” jelas Kapten Suharto.

Sebelumnya, dengan wilayah berbeda, Koramil 1503/Ciniru menggelar Karya Bakti Satkowil Semester I Tahun 2021, dengan tema “Karya Bakti TNI Pengabdian Untuk Negeri”, di Dusun Sukamukti Desa/Kecamatan Ciniru.

Dalam karya bakti tersebut, TNI dan masyarakat membuat bak pipanisasi dengan panjang 4 meter, lebar 4 meter, dan tinggi 3 meter.

Menurut Batuud Koramil 1503/Ciniru, Pelda Risdianto, pipanisasi tersebut ditujukan sebagai upaya antisipasi adanya kekurangan air bersih di wilayah ini selama musim kemarau.

“Dengan adanya saluran air bersih, kami berharap warga di desa ini tak akan menghadapi masalah kesulitan air bersih,” katanya.

Batuud juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam kegiatan. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: