Petugas Damkar Evakuasi Monyet Korban Penyiksaan

Petugas Damkar Evakuasi Monyet Korban Penyiksaan

KUNINGAN - Petugas Damkar Kabupaten Kuningan mengevakuasi seekor monyet ekor panjang dari pemukiman warga, Rabu (28/4). Kali ini monyet yang diamankan petugas tidak mengganggu warga melainkan dalam kondisi sakit diduga telah mengalami penyiksaan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Evakuasi monyet ekor panjang kali ini terjadi di Desa Kaduagung, Kecamatan Sindangagung, sekitar pukul 14.00 WIB. Bermula dari adanya laporan warga yang menemukan seekor monyet dewasa dalam kondisi tertelungkup di sebuah kebun dengan kondisi kaki kiri patah.

Tak tega melihat monyet tersebut dalam kondisi tak berdaya, warga pun melaporkannya ke kantor UPT Damkar Kuningan untuk meminta bantuan evakuasi. Laporan ini pun langsung ditindaklanjuti dengan diberangkatkannya dua petugas Damkar ke lokasi temuan monyet tersebut.

Tak sulit untuk petugas mengevakuasi monyet dengan kondisi luka serius tersebut. Dengan menggunakan tongkat khusus, petugas menangkap monyet yang sudah tak berdaya tersebut lalu memasukkannya ke dalam karung.

\"Diduga monyet ini telah menerima penyiksaan oleh orang tidak bertanggung jawab kemudian membuangnya ke semak-semak. Beruntung ada orang yang berbaik hati, merasa kasihan melaporkannya ke kami untuk dievakuasi,\" ungkap Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti kepada Radar.

Khadafi mengatakan, pihaknya kemudian menyerahkan monyet tersebut ke petugas Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) untuk penanganan lebih lanjut. \"Kami serahkan ke petugas TNGC untuk penanganan selanjutnya, apakah dirawat dan diobati sampai sembuh lalu kemudian dilepasliarkan,\" ujarnya. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: