Berjamaah Salat Khusuf, Perbanyak Zikir

Berjamaah Salat Khusuf, Perbanyak Zikir

KUNINGAN-Fenomena alam gerhana bulan total disambut sebagian masyarakat muslim di Kabupaten Kuningan dengan melaksanakan salat gerhana atau Salat Khusuf, Kamis (26/5).

Seperti dilakukan jamaah Musala Baitussalam di Desa Bandorasa Wetan, Kecamatan Cilimus, sejumlah warga baik laki-laki dan perempuan mulai dari remaja hingga anak-anak melaksanakan Salat Khusuf secara berjamaah. Warga melaksanakan Salat Khusuf sesaat setelah melaksanakan Salat Magrib berjamaah yakni saat gerhana bulan sedang berlangsung. Sebelumnya, Imam Mushola Baitussalam Rukana menyampaikan tata cara melaksanakan Salat Gerhana.

Jamaah melaksanakan Salat Khusuf kali ini dengan khusyuk dan tertib. Usai salat, para jamaah dipimpin imam musala melaksanakan zikir bersama dan berdoa meminta perlindungan Allah SWT dari azab neraka dan siksa kubur hingga menjelang azan Isya berkumandang. Tampak sebagian jamaah melanjutkan zikirnya sambil memandang keindahan proses gerhana bulan kemerahan yang dikenal dengan sebutan gerhana super blood moon tersebut.

\"Dengan adanya fenomena alam gerhana ini menjadi momentum kita semua semakin mempertebal keimanan tentang kebesaran dan kekuasaan Allah SWT yang maha mengatur alam semesta ini. Oleh karena itu, kami warga Musala Baitussalam melaksanakan salat gerhana dilanjutkan berdoa dan berzikir bersama, memohon ampunan dari segala dosa yang sudah diperbuat dan meminta perlindungan dari siksa kubur dan neraka kelak,\" ujar Imam Mushola Baitussalam Rukana kepada Radar.

Rukana menambahkan, dari peristiwa gerhana ini juga sebagai pengingat bagi umat manusia tentang tanda-tanda kejadian hari kiamat. Selain itu untuk mengingatkan kita agar takut akan azab yang diturunkan Allah akibat dosa-dosa yang diperbuat.

\"Oleh karena itu, usai salat gerhana kita perbanyak zikir dan memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang sudah diperbuat. Sekaligus memohon perlindungan dari azab dan siksa api neraka, dan memasukkan kita semua ke surga,\" pungkas Rukana. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: