Wabup: Musda KNPI Momentum Kebangkitan Pemuda

Wabup: Musda KNPI Momentum Kebangkitan Pemuda

KUNINGAN- Wakil Bupati (wabup) Kuningan HM Ridho Suganda SH MSimengapresiasi dan menyambut baik digelarnya Musyawarah Daerah ke-XV Pemuda Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kuningan Tahun 2021. Hal itu disampaikan Wabup Ridho saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut, Sabtu pagi (29/5) di GOR Ewangga Kuningan.

Wabup berharap Musda KNPI dapat menjadi momentum kebangkitan pemuda yang berintegritas serta berdedikasi.“Saya mewakili pemerintah daerah menyambut baik dan mengapresiasi dengan digelarnya Musda KNPI yang ke-XV ini. Semoga Musda ini menjadi momentum kebangkitan pemuda yang memiliki dedikasi tinggi dan berintegritas,” ucapnya.

Sejalan dengan tema Musda “Mengokohkan Fungsi KNPI Sebagai Laboratorium Kepemimpinan Pemuda Menuju Kebersamaan, Kemajuan, dan Kemandirian Pemuda Kabupaten Kuningan”, KNPI sebagai tempat berhimpunnya Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), menurut Wabup, senantiasa dapat meningkatkan dan menguatkan fungsi kelembagaan dan perannya dalam masyarakat.

Selain itu, musda juga harus mampu menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki, serta menjadi titik sentral untuk mempercepat pembangunan Kabupaten Kuningan, sekaligus sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda kepada pemerintah.

“KNPI sebagai organisasi pemuda tidak bisa terlepas dari pemerintah. Untuk itu KNPI harus bersinergi dengan pemerintah daerah dan berperan dalam setiap sendi pembangunan, termasuk memiliki peran sebagai sosial kontrol bagi pemerintah dalam menjalankan kebijakan-kebijakan pembangunan,” tutur Wabup.

Melalui Musda DPD KNPI Kabupaten Kuningan ke-XV, Wabup berharap, dapat menghasilkan ide, gagasan, dan program-program inovatif yang bermanfaat bagi pemuda dan masyarakat, sekaligus melahirkan kepemimpinan dan kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Kuningan yang representatif, akuntabel, dan akseptabel.

“Saya ucapkan selamat melaksanakan Musda ke-XV, semoga berjalan dengan tertib, aman, dan lancar, serta menghasilkan program-program yang inovatif dan solutif yang dapat dijadikan kebijakan oleh pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Kuningan. Dan melalui Musda ini, semoga terlahir pemimpin yang amanah yang akan membawa KNPI Kuningan jauh lebih baik dimasa yang akan datang,” pungkasnya.

Senada, Sekretaris DPD KNPI Provinsi Jawa Barat (Jabar) Asep Komarudin, turut mengapresiasi pelaksanaan Musda ke-XV yang digelar DPD KNPI Kabupaten Kuningan. Dikatakan, pelaksanaan Musda merupakan momentum yang sangat strategis dan bermanfaat bagi seluruh pengurus KNPI dalam rangka menyamakan persepsi dan gerak serta langkah organisasi dimasa yang akan datang.

“Saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi situasi yang sulit akibat pandemi Covid-19, terutama maslah kesehatan dan perekonomian. Untuk itu, pemuda harus memilki kemandirian, kebersamaan, dan turut berperan membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa yang tengah dihadapi,” papar Asep Komarudin.

Dalam Musda Pemuda KNPI ke-XV Tahun 2021, juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Nuzul Rachdy SE, Kadis Porapar Kuningan Dr H Toto Toharudin MPd, Perwakilan Kapolres dan Dandim 0615/Kuningan, Ketua Pemuda Pancasila Kuningan, Utusan KNPI Jawa Barat, unsur OKP, DPK KNPI Kecamatan, serta sejumlah undangan lainnya.

Adapun proses pemilihan ketua DPD KNPI dalam Musda yang berlangsung hingga petang tersebut, dari ketiga calon yakni, Yusuf Dandi Asih, Hendir, dan Masuri, Yusuf Dandi Asih terpilih sebagai ketua DPD KNPI Kabupaten Kuningan dengan peroleh suara sebanyak 43 suara. Sementara, Hendri dan Masuri masing-masing memperoleh 7 suara dan 28 suara. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: