66 CPNS Golongan III Ikuti Pelatihan Dasar

66 CPNS Golongan III Ikuti Pelatihan Dasar

KUNINGAN – Bupati H Acep Purnama SH MH membuka Pelatihan Dasar CPNS Golongan III untuk angkatan I dan II dari Formasi 2019. Kegiatan yang terpusat di UPTD Pengelola Fasilitasi BKPSDM Kuningan itu, diikuti sebanyak 15 peserta dari total 66 orang yang menjalani secara virtual.

“PNS adalah aparatur negara yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat, yakni sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang menjalankan fungsi untuk menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan. Kemudian memberikan pelayanan kepada masyarakat secara berdaya guna dan berhasil guna, dalam rangka mewujudkan tujuan nasional, khususnya visi Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul),” kata Bupati Acep Purnama, kemarin (23/6).

Pada kesempatan itu, Acep meminta, agar semua peserta baik yang langsung hadir maupun yang mengikuti secara virtual, harus bisa sungguh-sungguh menjalani pelatihan dasar tersebut.

“Semuanya harus berdisiplin dan diperhatikan setiap materi dari awal hingga akhir. Semuanya perlu dilakukan agar saudara berhasil dengan baik, kemudian dinyatakan lulus mengikuti pelatihan dasar,” tandasnya.

Dia menjelaskan, ketentuan dan kualifikasi bagi CPNS yang harus dipenuhi untuk dapat diangkat sebagai PNS sesuai PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN antara lain pasal 34 ayat (1) sampai (5). Yakni CPNS wajib menjalani masa percobaan selama satu tahun, masa percobaan yang dimaksud ayat (1) merupakan masa pelatihan dasar, dan masa pelatihan dasar meliputi proses pelatihan.

“Selanjutnya proses pelatihan dasar dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, serta motivasi nasionalisme dan kebangsaan,” tandasnya.

Dengan begitu, lanjutnya, sebagai seorang aparatur negara harus memiliki jiwa sajati, santika dan peduli terhadap lingkungan.

“Perlu saya informasikan, di Kabupaten Kuningan memiliki kegiatan Aparatur Peduli Lingkungan (Apel). Kegiatan Apel telah berperan aktif dalam konservasi lingkungan dalam kurun waktu tahun 2010 sampai dengan tahun 2021, yakni melalui penanaman bibit pohon, pelepasan satwa burung, penebaran benih ikan, serta pengadaan tempat sampah,” ungkapnya.

Kepala BKPSDM Kuningan Drs H Nurahim MSi menambahkan, CPNS Golongan III angkatan I dan II ada sebanyak 66 orang. Namun yang hadir hanya 15 orang, sisanya mengikuti secara virtual atau zoom meeting.

“Tujuan kegiatan pelatihan dasar dimaksudkan agar peserta memiliki integritas moral, kejujuran, motivasi nasionalisme dan kebangsaan. Kemudian membangun karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, serta memperkuat profesionalisme dan kompetensi bidang,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, dilakukan pula peresmian Tugu Kuningan Sajati (Santana, Basajan, Santika). Keberadaan tugu itu mengandung arti bahwa abdi negara harus memiliki nilai-nilai sajati yang wajib dimiliki semua pegawai, agar diterapkan dalam tugas keseharian di unit kerja masing-masing.

“Tugu ini dibuat untuk selalu mengingat kepada diri kita, agar kita tetap berpegang teguh kepada nilai-nilai kesejatian selaku aparatul sipil pemerintahan. Di mana dengan jiwa karakter yang sajati ini, tentu yang diharapkan masyarakat,” kata Bupati Acep usai meresmikan Tugu Kuningan Sajati.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: