SMK Pusat Keunggulan Ekonomi Kreatif

SMK Pusat Keunggulan Ekonomi Kreatif

KUNINGAN – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertiwi Kuningan, berhasil lolos seleksi menjadi SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) bidang ekonomi kreatif tahun 20201.

“Alhamdulillah atas hasil seleksi presentasi dan wawancara nasional, SMK Pertiwi Kuningan terpilih oleh Kemendikbud Ristek RI menjadi SMK Pusat Keunggulan atau SMK PK bidang ekonomi kreatif melalui SK Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Nomor 22/D/0/2021,” kata Kepala SMK Pertiwi Kuningan Dea Ariana Vamitrianto SE MSi, kepada Radar Kuningan, Kamis (1/7).

Atas raihan prestasi tersebut, Dea yang pernah meraih Juara 1 Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Berprestasi tingkat Kabupaten dan Juara 3 Kepsek Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat ini, menargetkan sekolah yang dipimpinnya itu masuk target 900 SMK PK di Indonesia, yang akan menjadi program unggulan Kemendikbud Ristek RI dalam mencetak SDM unggul.

“SMK PK ini disebut Kemendikbud Ristek RI memiliki 9 keistimewaan. Antara lain, kurikulum di sekolah telah diselaraskan dengan industri. Sehingga soft skill dan hard skill siswa bisa memenuhi kebutuhan industri,” ujar Dea.

“Kemudian pembelajaran berbasis project riil dari dunia kerja, ada pembelajaran oleh guru tamu dari perguruan tinggi, dunia industri atau dunia usaha sampai 50 jam per semester di sekolah,” imbuhnya.

Lanjutnya, ada pula program magang kerja di dunia industri, seperti Axioo, BCA Cash Management, Toyota, Yamaha, BNI dan lain-lain selama 6 bulan. Kemudian juga memiliki sertifikasi kompetensi sesuai kebutuhan dunia industri bagi guru dan lulusan.

SMK PK juga melaksanakan riset terapan mendukung teaching factory/unit produksi, atau kewirausahaan sekolah untuk bisa menghasilkan dan memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat.

Menurutnya, SMK Pertiwi Kuningan juga telah bekerja sama dengan 80 dunia industri dan dunia kerja yang siap menyerap lulusan untuk bekerja, melanjutkan dan wirausaha. Setiap tahun, ada sekitar 80% lulusan SMK Pertiwi Kuningan bekerja, 15% melanjutkan dan 5% berwirausaha.

“Alhamdulillah, setelah berhasil menjadi SMK Center Of Excellence (SMK CoE), sekarang SMK Pertiwi Kuningan ditunjuk kembali menjadi SMK Pusat Keunggulan,” ungkap Dea.

Hal ini, masih kata dia, membuktikan kepercayaan dari pemerintah, industri dan masyarakat kepada SMK Pertiwi Kuningan semakin meningkat. Ini juga tidak lepas dari komitmen mutu pelaksanaan pembelajaran dan kualitas sarana prasarana sekolah terhadap peserta didik.

“Terima Kasih atas dukungan semua pihak, termasuk dari pemerintah provinsi dan Pemkab Kuningan,” ucap Dea yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MKKS SMK Kuningan, Sekretaris 2 MKKS SMK Provinsi Jawa Barat, Wakil Ketua Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Kuningan dan Sekretaris LSM Fermak Kuningan ini. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: