DPUTR Perbaiki Jalan Kabupaten

DPUTR Perbaiki Jalan Kabupaten

KUNINGAN- Setelah sempat dikeluhkan oleh warga dan wakil rakyat, Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan akhirnya melakukan perbaikan ruas Jalan Moh Toha, Kedungarum sampai Jalan Cut Nyak Dien, Kelurahan Winduhaji, kemudian jalur Ciporang-Maleber-Cinagara serta Cibinuang-Nangka.

Upaya perbaikan sarana jalan itu sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu dengan mengerahkan pekerja serta mesin stum. Bahkan saat mengaspal di ruas Jalan Cut Nyak Dien, Kepala Dinas PUTR Kuningan HM Ridwan Setiawan memantau langsung pengerjaan perbaikan.

Selain perbaikan rutin ruas jalan tersebut, Pemkab Kuningan lewat anggaran dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan poris kecamatan. Antara lain ruas Japara-Sindangbarang, Cihirup-Cihideunggirang, dan Bantarpanjang-Asem, Kabupaten Cirebon. Untuk ruas Japara sampai Sindangbarang, di beberapa titik dilakukan pelebaran jalan melalui betonisasi. Pelebaran sekitar setengah meter kiri dan kanan jalan membuat ruas jalan tersebut makin lebar. Sehingga memudahkan kendaraan roda empat saat berpapasan.

“Tadinya ruas jalan Singkup-Japara dan Singkup-Dukuhdalem cukup sempit. Tapi sekarang sih sudah mulai terasa lebar karena ada pelebaran di sisi kiri dan janan jalan,” kata Kepala Desa Singkup, Kecamatan Japara, Mashud.

Kepada Dinas PUTR, HM Ridwan Setiawan SH MH MSi melalui Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DPUTR Budi Haryadi ST MSi mengatakan, perbaikan jalan yang dianggarkan melalui DAK masih tengah berlangsung. Untuk penghotmikan sendiri sudah rampung dilakukan dan yang sekarang tengah dikerjakan yaitu pelebaran badan jalan melalui pembetonan.

“Selain perbaikan rutin, perbaikan jalan juga ada yang bersumber dari DAK. Pengerjaannya sampai saat ini masih berlangsung. Di samping dihotmik, juga ada pelebaran di titik-titik yang dianggap sempit. Kemudian juga ada pembangunan saluran drainase supaya air tidak menggerus aspal,” terang Budi Haryadi kepada Radar, kemarin (4/7).

Menurut Budi, ruas Jalan Moh Toha, Kedungarum sampai Jalan Cut Nyak Dien sudah mulai diperbaiki mulai hari Minggu (4/7). Ditargetkan dalam dua hari ini, ruas Jalan Moh Toha dan Cut Nyak Dien kembali mulus. Ruas jalan yang sudah diperbaiki yakni Ciporang-Maleber-Cinagara dan Cibinuang-Nangka. Perbaikan juga dilakukan di Desa Sukarapih yang menjadi lokasi relokasi warga Kawungsari.

“Anggaran perbaikan ruas jalan ini berasal dari APBD Kabupaten Kuningan. Karena anggaran yang ada sangat terbatas, maka perbaikannya juga hanya menambal di ruas jalan yang sudah rusak. Jika tahun depan kondisi sudah normal, tidak menutup kemungkinan ruas jalan yang rusak bisa diperbaiki seluruhnya,” ujar Budi. 

Kemudian perbaikan rutin yang sudah dilakukan, kata Budi, adalah ruas Jalan Paniis-Cibuntu, Pasawahan-Padabeunghar, dan Cibingbin-Sukarapih. Khusus ruas jalan Paniis sampai Cibuntu diperbaiki sebelum kunjungan Menteri Sandiaga Uno ke Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan.

“Kami akui perbaikan jalan kabupaten belum optimal karena terbentur anggaran. Sehingga tidak semua ruas jalan bisa diperbaiki. Namun setidaknya, kami berupaya agar ruas jalan masih bisa dilakukan perbaikan dengan anggaran yang sangat terbatas. Sekali lagi kami mohon maaf karena tidak bisa optimal dalam melakukan perbaikan sarana jalan,” katanya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: