Korsleting Listrik, Rumah Castam Ludes Terbakar

Korsleting Listrik, Rumah Castam Ludes Terbakar

KUNINGAN - Musibah kebakaran melanda sebuah bangunan rumah milik Castam (60) warga Desa Dukuhmaja, Kecamatan Luragung, Minggu (18/7) sekitar 00.30 WIB. Kebakaran yang diduga disebabkan oleh korsleting listrik tersebut menghanguskan seluruh bangunan dan perabotannya hingga menyebabkan kerugian materil hingga Rp127 juta.

Berdasarkan informasi dihimpun, kala itu, Castam dan istrinya sedang menginap di rumah salah satu anaknya. Musibah kebakaran pertama kali diketahui oleh salah satu tetangga bernama Misda yang melihat kepulan asap dari atap rumah Castam.

Misda pun seketika berteriak kebakaran memanggil pemilik rumah yang kebetulan menginap di rumah anaknya yang lokasinya berdekatan. Teriakan Misda juga membuat sejumlah tetangga terbangun dan berhamburan keluar kemudian berusaha menolong memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Castam dibantu anak dan beberapa warga pun berusaha mengeluarkan barang-barang berharga yang masih bisa diselamatkan sebelum api melalap seluruh bangunan. Hingga akhirnya api semakin besar, dan salah satu warga berinisiatif menelpon kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan untuk meminta bantuan pemadaman.

Sekitar 20 menit kemudian, satu regu Damkar tiba dengan kendaraan pemadam tiba di lokasi dan langsung beraksi melakukan penyemprotan ke titip api. Dibantu warga serta anggota Polsek dan Koramil setempat, akhirnya api berhasil dipadamkan pada pukul 03.40 WIB. Malang, kebakaran menyebabkan seluruh bangunan rumah Castam ludes termasuk perabotan dan lemari berisi pakaian hangus jadi arang.

\"Diduga penyebabnya korsleting listrik. Beruntung saat kejadian rumah dalam kondisi kosong sehingga tidak sampai menyebabkan korban jiwa ataupun terluka,\" ungkap Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti kepada Radar.

Atas kejadian tersebut, Khadafi menaksir kerugian yang dialami korban mencapai Rp127 juta. Selain menghanguskan seluruh bangunan rumah, kebakaran juga memusnahkan perabotan seperti lemari pakaian yang di dalamnya terdapat surat-surat penting serta uang tunai Rp15 juta.

\"Atas kejadian ini, Pak Castam dan istri untuk sementara tinggal di rumah anaknya yang kebetulan berdekatan. Korban kebakaran saat ini sangat membutuhkan bantuan perbaikan rumah, makanan, pakaian dan lain-lain. Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan pasca musibah kebakaran,\" ujar Khadafi. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: