Bawaslu Harapkan Karang Taruna Awasi Pilkades Serentak

Bawaslu Harapkan Karang Taruna Awasi Pilkades Serentak

KUNINGAN - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuningan Ondin Sutarman SIP mengatakan, anak muda harus idealis untuk dapat menyuarakan keadilan mulai tingkat RT hingga tingkat kabupaten. Terlebih Karang Taruna saat ini terlihat masif di bawah kepemimpinan Dr Carlan SPd MMPd, yang juga menjabat sebagai Kabid PAUD Dikmas Disdikbud Kuningan.

“Oleh sebab itu, Bawaslu akan menindaklanjuti dan berkoordinasi dengan komisioner lain untuk membahas program kerja sama dengan Karang Taruna Kabupaten Kuningan,” kata Ondin saat menerima kunjungan pengurus Karang Taruna Kabupaten Kuningan, di Kantor Bawaslu Kuningan, Jalan Raya Sindangagung, seberang Terminal Type A Kertawangunan, Kamis (5/8).

Menurut Ondin, sebagaimana diketahui bersama, berdasarkan rencana, November 2021 mendatang akan dilaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 76 desa di Kuningan. Karang Taruna diharapkan bisa menjadi pelopor, yang akan membantu memberikan pemahaman demokrasi kepada masyarakat, khususnya di tingkat desa dalam kaitannya dengan agenda pilkades tersebut.

Bawaslu terbuka terhadap kegiatan partisipasi masyarakat dalam mengawal dan menjaga demokrasi. Bagi Bawaslu, Karang Taruna akan sangat membantu dalam menjaga integritas proses dan hasil pemilu.

“Oleh sebab itu, Bawaslu kembali mengajak Karang Taruna mengabdikan diri melalui pengawasan. Salah satunya melalui Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif yang rutin dilaksanakan oleh Bawaslu,” pungkasnya. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: