Gerebek Desa Upaya Pemerataan Vaksinasi

Gerebek Desa Upaya Pemerataan Vaksinasi

KUNINGAN – Pemerintah daerah makin gencar melaksanakan vaksinasi dengan pola “Gerebek Desa”. Kegiatan ini upaya nyata pemerintah dalam pemerataan vaksinasi di Kabupaten Kuningan.

Sehingga seluruh masyarakat di perdesaan bisa mendapatkan vaksin, sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional. Selain dengan pola Gerebek Desa, vaksinasi serupa akan dilakukan pula melalui kegiatan Gerebek Kelurahan dan Gerebek Komunitas.

“Saya berada di Kecamatan Ciwaru Desa Sumberjaya. Sekarang sedang melaksanakan vaksinasi dengan pola Gerebek Desa,” kata Bupati H Acep Purnama SH MH, kemarin (9/8).

Menurutnya, di samping kegiatan vaksinasi masal dengan pola vaksinasi Gerebek Desa, akan dilakukan pula vaksinasi Gerebek Kelurahan dan vaksinasi Gerebek Komunitas. Semua langkah ini sebagai upaya mensukseskan dan mempercepat vaksinasi di Kuningan.

“Di sini ada dari Dinas Kesehatan dan juga BPBD sebagai LO, serta para kepala desa sekitar. Kita bisa buktikan dengan gerebek desa ini, antusias masyarakat bisa termotivasi untuk mengikuti vaksinasi,” ungkapnya.

Termasuk bagi masyarakat yang jauh dari lokasi vaksinasi, lanjutnya, mendapat jemputan langsung disediakan oleh petugas setempat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan, kepada Pak Gubernur Jawa Barat, bahwa vaksin yang kita terima sebanyak 25 dosis akan kita habiskan selama satu minggu,” tandasnya.

Oleh sebab itu, Bupati Acep menekankan, agar ketersediaan vaksin harus terus dipersiapkan untuk menyasar semua masyarakat Kabupaten Kuningan. Sebab nanti akan dilakukan program vaksinasi berbasis desa.

“Sehingga pemerataan vaksinasi di Kabupaten Kuningan bisa terbukti, bisa kita deteksi secara merata. Kalau dari sisi kuantitas atau jumlah, insya Allah kami ingin mencapai persentase lebih tinggi untuk tercapainya herd immunity di masyarakat,” paparnya.

Sementara terkait update data Crisis Center Covid-19 Kuningan pada Senin (9/8), tercatat total kasus terkonfirmasi positif mencapai 13.314 orang. Masih terdapat kenaikan 33 orang dari total sehari sebelumnya yakni 13.281 orang.

Namun angka kesembuhan juga cukup tinggi, sehari mencapai 44 orang. Sehingga total pasien terkonfirmasi positif yang telah dinyatakan sembuh sudah 12.195 orang.

Sedangkan untuk kasus meninggal dunia akibat positif Covid-19 ada 638 orang. Sementara kasus positif aktif kini masih menyisakan sebanyak 481 orang. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: