Membeludak, Warga Antre Vaksin di Gedung Korpri

Membeludak, Warga Antre Vaksin di Gedung Korpri

KUNINGAN – DPK Korpri Kuningan bersama Kodim 0615/Kuningan mengadakan vaksinasi masal bagi warga berusia di atas 12 tahun di Aula Gedung Korpri Kuningan, Kamis (12/8).

Kegiatan ini langsung dihadiri Bupati H Acep Purnama SH MH, Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi, Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Ketua Jabar Bergerak Kuningan Hj Ika Acep Purnama, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj Ella Dian, serta jajaran Kodim 0615/Kuningan dan Polres Kuningan.

“Alhamdulillah antusias masyarakat untuk vaksinasi semua kelompok baik dewasa maupun di atas 12 tahun bisa dilayani. Bahkan tadi diumumkan, barangkali di antara bapak dan ibu sekalian yang datang mau melaksanakan vaksin tahap kedua pun insya Allah bisa dilayani dengan syarat daftarkan dalam jalur yang khusus, vaksin pertamanya sudah 28 hari atau lebih dan bawa kartu tanda vaksin tahap pertama,” kata Bupati Acep.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada petugas tenaga kesehatan, Korpri Kuningan, Kodim 0615/Kuningan, Polres Kuningan dan semua pihak yang terus bersemangat memberikan layanan kepada masyarakat dalam penanganan Covid-19.

“Insya Allah hari ini menyediakan 500 vaksin dan akan ditambah 500 vaksin lagi, apabila masih ada peminat untuk divaksin. Dengan vaksin ini, kita bisa berikan kepada masyarakat dalam rangka untuk mencapai herd immunity kemampuan daya tahan tubuh kita untuk melawan Covid-19,” ungkapnya.

Menurutnya, suksesi vaksinasi ini sebagai langkah bersama dalam penanggulangan Covid-19. Tetap untuk menerapkan prokes dan ikuti anjuran pemerintah, sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19.

“Semoga ikhtiar ini senantiasa mendapatkan kemudahan dan keberkahan Allah SWT. Terima kasih juga kepada bapak dan ibu atas keinginan divaksin dalam rangka peningkatan daya tahan tubuh, insya Allah cara ini yang paling efektif untuk kita sama-sama terhindar dari wabah Covid-19 yang masih ada, dengan kerja keras kita semua kondisi Covid-19 di Kuningan sudah semakin melandai, dengan terus melandainya Covid-19 semoga pandemi segera berakhir,” harapnya.

Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar sekaligus Ketua Korpri Kuningan menambahkan, vaksinasi bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit tertentu. Apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata, maka akan terbentuk suatu kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Selain itu, vaksinasi Covid-19 juga dapat menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial serta ekonomi. Untuk itu, Korpri hadir untuk  memberikan teladan bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Dia menceritakan, apabila anggota Korpri sudah lebih dulu melakukan vaksin Covid-19 di awal tahun 2021. “Alhamdulillah dari sekitar 11.000 anggota Korpri, memang ada 667 orang yang terpapar Covid-19. Meninggal ada sekitar 25 orang atau 0,23 persen dan tidak sampai 1 persen, itu pun banyak di antaranya yang memiliki komorbid atau penyakit bawaan. Artinya dapat kita simpulkan bahwa dengan vaksinasi, meskipun terserang virus, tetapi tingkat keparahan pasien berkurang jauh,” ungkapnya.

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk banyak orang. Vaksin Covid-19 aman dan halal, hal ini disampaikan oleh Komisi Fatwa MUI Pusat bahwa sudah memberikan fatwa bahwa vaksin Covid-19 halal dan suci. Oleh karenanya, meskipun masih banyak beredar isu atau hoax mengenai vaksin yang belum jelas kebenarannya, masyarakat tidak perlu ragu dan khawatir untuk melakukan vaksinasi Covid-19 guna kepentingan bersama.

“Terima kasih kepada bapak dan ibu yang memiliki kesadaran diri yang tinggi mau melindungi diri dan keluarganya, melindungi orang-orang di sekitarnya dengan melalukan vaksinasi. Saya mohon bantuan untuk mengajak orang-orang yang anda kenal tapi belum melakukan vaksin, untuk segera mengikuti berbagai program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah, hanya dengan kepedulian kita bersama, pandemi dapat segera kita akhiri,” katanya.

“Jangan sampai, ekonomi masyarakat semakin terpuruk, pendidikan anak-anak kita semakin tertinggal dan ibadah kita menjadi tak tenang.  Mari bersama-sama dengan pemerintah, kita bahu membahu membentuk herd immunity agar dapat kembali beraktivitas dengan normal,” sambungnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: