Penataan Jembatan Merah Citamba dengan Vertikal Garden

Penataan Jembatan Merah Citamba dengan Vertikal Garden

KUNINGAN - Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH didampingi Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi dan Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, meresmikan Verikal Garden jembatan merah Citamba, Kamis (12/8) malam.

Vertikal Garden tersebut merupakan program bantuan CSR dari Bank Kuningan yang pemeliharaannya diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Wawan Setiawan SHut MT, menyebutkan bahwa penataan jembatan dengan vertikal garden di Kuningan sudah ada di dua lokasi. Salah satunya berada di Jalan Lingkar Cijoho yang merupakan realisasi CSR dari PT SanQua. Lokasi lainnya akan ditentukan lagi di 10 titik. “Semoga hal ini diikuti juga dari pihak bank lainnya untuk memberikan CSR-nya,\" harap Wawan.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Direktur PD Bank Kuningan (dulu BPR), dan berharap Vertikal Garden tersebut bermanfaat serta menambah nilai estetika, sekaligus mengurangi pencemaran sungai.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PD Bank Kuningan H Dodo Warda SE, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kuningan, yang telah memberikan kepercayaan kepada Bank Kuningan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup, untuk membuat Vertikal Garden tersebut.

“Terima kasih atas kepercayaan untuk bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup perihal pembangunan vertikal garden ini. Kami pun memberikan CSR lainnya, seperti pembiayaan sarana air bersih untuk program Pamsimas dan pengelolaan bank sampah menjadi rupiah,” ucapnya.

Selain memiliki nilai estetika dan kesehatan, lanjut Dodo, di atas jembatan merah Citamba ini juga ada branding Bank Kuningan, dengan harapan ke depan bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat Kuningan, bukan hanya untuk segmen kalangan tertentu saja.

Sementara itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH menuturkan, bagi Pemkab Kuningan, jembatan merah tersebut memiliki nilai historis, terutama sungai Citambanya. Bahkan bupati mengaku pernah merasakan sendiri manfaat air di Citamba.

“Dulu sungai ini bisa digunakan untuk mandi dan lain-lain, dikarenakan dulu airnya jernih dan bersih. Namun sejalan dengan kondisi sekarang mengalami perubahan, kita harus tetap menjaga dan memeliharanya,” tuturnya.

Bupati menambahkan, dengan adanya bantuan CSR tersebut, diharapkan dapat menjaga lingkungan dan memberikan kesadaran kepada semua untuk tidak membuang sampah ke sungai, dan tentunya harus tetap menjaga kelestariannya.

\"Mari kita budayakan untuk merawat sungai supaya tetap lestari,\" ajak Bupati Acep.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan serah terima Vertikal Garden dari Bank Kuningan ke Pemkab Kuningan. Selanjutnya untuk pemeliharaan diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan. Namun bupati tetap mengingatkan bahwa yang harus menjaga lingkungan adalah semuanya. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: