Jabar Targetkan Juara Umum Peparnas XVI Papua

Jabar Targetkan Juara Umum Peparnas XVI Papua

KUNINGAN – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan juara umum di penyelenggaraan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua pada November mendatang. Bahkan Jabar menurunkan kekuatan 400 orang mulai dari pelatih, official hingga atlet di setiap cabang olahraga yang dipertandingkan.

Hal ini diungkapkan langsung Wakil Sekretaris Kontingen Jabar, Dr Elon Carlan MPd. Sosok Elon sendiri, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sekarang diamanahi sebagai Kabid PAUD Dikmas Disdikbud Kuningan.

“Atlet ini kan mayoritas warga Sekolah Luar Biasa (SLB), sehingga bagaimana kita lebih serius mengurus kontingen. Kekuatan kita ada sekitar 400 orang baik itu pelatih, pendamping hingga para atlet,” terangnya.

Dia menyebutkan, para atlet akan diterjunkan untuk mengikuti perlombaan di 12 kecabangan olahraga yang dipertandingkan. Khusus atlet dari Kabupaten Kuningan, ditargetkan untuk bisa menyumbangkan 9 medali emas.

“Kita dari Kabupaten Kuningan menurunkan 5 atlet, diperkirakan akan menyumbangkan 9 medali emas. Ada atlet untuk cabor atletik dan ada pula untuk cabor pertandingan catur,” imbuhnya.

Secara keseluruhan atlet dari kontingen Jabar, Ia menyebut, jika Pemprov Jabar menargetkan untuk menjadi juara umum di Peparnas XVI Papua.

“Jawa Barat target juara umum. Karena kita sebelumnya juga juara umum,” tukasnya.

Tak lupa, pihaknya berpesan agar semua atlet maupun seluruh pihak terkait yang terlibat pada perhelatan Peparnas XVI Papua selalu menjaga kesehatan dan stamina prima. Tetap mempersiapkan kondisi fisik maupun mental, untuk bertanding pada Peparnas Papua.

“Bagi semua atlet, kami berpesan untuk senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan. Jangan lengah, jangan abai dan jangan lalai untuk selalu disiplin prokes, karena sekarang masih dalam situasi pandemi,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Peparnas XVI Papua 2021 rencananya akan berlangsung pada 2 November sampai 15 November 2021. Perparnas Papua akan digelar usai gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang sudah berlangsung sejak 2 Oktober hingga 15 Oktober nanti.

Di Peparnas XVI Papua nanti, Kontingan Peparnas Jawa Barat akan dipimpin Chief de Mission (CDM) H Dedi Supandi SSTP MSi. Dedi yang juga menjabat Kepala Disdik Jawa Barat dianggap mampu melecut semangat atlet Peparnas Jawa Barat menjadi yang terbaik di cabor multi event tersebut.

\"Bagi kami, Pak Kadisdik Jawa Barat ini ibarat orang tua bagi atlet penyandang disabilitas yang berasal dari SLB SLB. Beliau mempunyai kepedulian, dan akan memudahkan kamu ketika berada di lapangan. Kami bertemu dengan Pak Kadisdik dalam rangka silaturahmi. Untuk pengukuhan CDM akan dilakukan oleh Pak Gubernur,\" terang Elon Carlan. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: