Pentingnya Edukasi dan Literasi Keuangan

Pentingnya Edukasi dan Literasi Keuangan

KUNINGAN - Bank Kuningan Cabang Kadugede menyelenggarakan Edukasi dan Literasi Keuangan untuk pelaku UMKM se-Kecamatan Darma. Tema yang diambil dalam kegiatan yang digelar akhir pekan kemarin ini yakni “Pengenalan Produk dan Jasa Keuangan di Era Digitalisasi”.

Acara dipusatkan di Balai Desa Kawahmanuk Kecamatan Darma.  Peserta sosialisasi, edukasi dan literasi sebanyak 50 Orang terdiri dari Bumdesma, pelaku UMKM, dan perangkat desa. Hadir pula perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Darma dan Dirut Bumdesma Dharma Bakti.

Dalam sambutannya, Kepala Bank Kuningan Cabang Kadugede Rika Farliani SE MSi mengatakan, kegiatan terlaksana berkolaborasi dengan Bumdesma Dharma Bakti dan merupakan salah satu kepatuhan terhadap Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor : 01/SEOJK.07/2014 tentang Pelaksanaan Edukasi dalam rangka Meningkatkan Literasi Keuangan kepada Konsumen.

“Alasan dibutuhkannya literasi keuangan adalah literasi keuangan yang baik sangat diperlukan untuk mendukung berbagai fungsi ekonomi. Jadi, semakin banyak masyarakat yang sadar terkait produk dari jasa keuangan, maka akan semakin meningkat pula transaksi keuangan yang ada, dan akhirnya akan mampu meningkatkan pergerakan roda perekonomian,” kata Rika.

Literasi keuangan, lanjut Rika, mampu membuat seseorang mengelola dan juga mengambil setiap peluang untuk bisa mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera di masa depan. Selain itu, literasi keuangan pun mampu membantu setiap individu dalam membuat keputusan, terutama yang berkaitan dengan pengambilan keputusan untuk berinvestasi ataupun menabung.

“Bank Kuningan Cabang Kadugede merupakan Perumda BPR Kuningan milik Pemerintah Kabupaten Kuningan. Jadi, Bank Kuningan milik masyarakat Kuningan. Wilayah kerja Bank Kuningan Cabang Kadugede meliputi 6 kecamatan, yaitu Kecamatan Kadugede, Nusaherang, Darma, Selajambe, Subang dan Cilebak,” pungkas Rika.

Adapun narasumber yang didatangkan mengisi materi pada kegiatan edukasi dan literasi keuangan tersebut, yakni Dr Wahyu Hidayah MSi selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan serta Tim Marketing Kantor Pusat Bank Kuningan Heri Nur Aripin dan Suci Nurul Insani.

Dalam paparannya, Diskominfo Dr Wahyu menyampaikan materi yang mengupas terkait pentingnya kecakapan digital, peluang transformasi digital dan bahaya pinjaman online (pinjol). Sementara Tim Marketing Bank Kuningan mengupas tentang produk tabungan, deposito dan kredit pada Bank Kuningan. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: