Bumdes Cibingbin Miliki 6 Unit Usaha

Bumdes Cibingbin Miliki 6 Unit Usaha

KUNINGAN – Hari Jadi (Harjad) ke-236 Desa/Kecamatan Cibingbin, Kamis (4/11), membuat pemdes setempat terus bergerak maju menuju perubahan ke arah yang lebih baik.

Di bawah kepemimpinan Kepala Desa Aris Mushadat, Desa Cibingbin kini sudah memiliki banyak perubahan. Salah satunya untuk Pendapatan Asli Desa (PAD), dengan memperluas usaha yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Lestari.

Dalam momentum Harjad ke-236, setelah melaksanakan upacara seremonial di halaman balai desa setempat, juga meresmikan unit usaha baru di bawah Bumdes, dalam bidang simpan pinjam. Launching Unit Usaha Simpan Pinjam Bumdes Lestari Desa Cibingbin ini, dilakukan Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH.

Tampak mendampingi Bupati Acep, camat, kapolsek, danramil, serta Kepala Desa Cibingbin Aris Mushadat. Kunjungan bupati ke Cibingbin ini sekaligus dalam rangka desa ini menunjukkan kinerja dengan memperluas usaha Bumdes, bahkan kini sudah memiliki 6 unit usaha.

Menurut Aris Mushadat, berdirinya unit usaha simpan pinjam Bumdes Lestari tersebut, bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat, termasuk dalam rangka menghindari praktik rentenir pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Unit simpan pinjam ini didirikan untuk kegiatan ekonomi masyarakat Desa Cibingbin. Kehadiran unit usaha ini merupakan juga bentuk kepedulian desa, supaya masyarakatnya terhindar dari praktik rentenir dari pihak yang tak bertanggung jawab,” kata Aris.

Sementara itu, Bupati H Acep Purnama, mengapresiasi kinerja pemerintah desa yang berhasil menjalankan 6 unit usaha hingga menjadi sumber pendapatan bagi Desa Cibingbin. Kemajuan desa ini, kata bupati, patut menjadi motivasi bagi desa-desa lain.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap pemerintah Desa Cibingbin. Dengan bertambahnya unit usaha pada Bumdes, ini bukti kinerjanya tidak diragukan lagi. Selamat Hari Jadi ke-236 Desa Cibingbin, jaya terus,” ucap Bupati.

Untuk diketahui, Bumdes Cibingbin ini memiliki 6 unit usaha, yakni pengelolaan sampah terpadu, pengelolaan kios desa, pengelolaan pasar desa beserta terminalnya, pengelolaan ATK, dan terbaru unit simpan pinjam. Selain untuk meningkatkan pendapatan desa, kehadiran Bumdes Lestari di Desa Cibingbin ini juga mendorong geliat ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Desa Cibingbin yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, merupakan desa dengan jumlah penduduk terbanyak di Kabupaten Kuningan, yakni 13.353 orang dengan total kepala keluarga mencapai 3.918 KK. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: