Diresmikan Bupati, Langsung Gelar Turnamen Marshanda Cup

Diresmikan Bupati, Langsung Gelar Turnamen Marshanda Cup

Warga Cijemit, Kecamatan Ciniru boleh menepuk dada memiliki pejabat di Pemkab Kuningan yang peduli terhadap tanah kelahirannya. Sebab, pejabat tersebut sangat peduli terhadap perkembangan olahraga di desanya. Malahan untuk menunjang pengembangan bola voli, pejabat tersebut rela merogoh koceknya untuk membangun lapangan voli yang cukup representatif. Nama pejabat tersebut adalah U Kusmana SSos MSi, yang saat ini menjabat Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Industri (Diskopdagperin),

Agus Panther, Ciniru

LAPANGAN yang baru selesai dibangun itu diresmikan langsung oleh Bupati H Acep Purnama SH MH. Nama lapangan menghabiskan biaya puluhan juta rupiah itu yakni lapang voli Saung Abah Ketom Community (SAKC) di Desa Cijemit, Kecamatan Ciniru, Kuningan. Peresmian ini diwarnai dengan kompetisi bola voli Gala Desa Marshanda Cup yang digelar Panitia SAKC. Pelaksanaan turnamen ini berlangsung sejak 27 November hingga 4 Desember mendatang. Menurut Bupati Acep, kebangkitan prestasi bola voli di Kuningan tak lepas dari keberadaan lapangan-lapangan bola voli baru di pedesaan.

“Dengan nilai historis tersebut, diharapkan lapangan baru yang dibangun di Desa Cijemit dapat memajukan olahraga bola voli di Kuningan. Saya ucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada Pak U Kusmana dan keluarga besar Saung Abah Ketom, karena sudah bisa membangun lapangan voli,” kata Acep, akhir pekan kemarin.

Dirinya menginginkan, agar generasi muda khususnya para remaja dapat menghabiskan waktu dengan kegiatan positif, salah satunya bermain voli.

“Jadi daripada jalan-jalan tidak jelas atau nongkrong tidak bermanfaat, lebih baik bermain bola voli. Karena jika tubuh sehat maka akan terhindar dari Covid-19,” ujarnya.

Sementara Pembina Saung Abah Ketom Community, U Kusmana SSos MSi menuturkan, turnamen bola voli Gala Desa Marshanda Cup adalah salah satu bentuk silaturahmi antara SAKC dan masyarakat. Tentu untuk membangun komunikasi yang harmonis dalam mewujudkan visi Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa 2023.

“Maka dalam mengikuti pertandingan ini, saya minta semua klub bisa senantiasa menempatkan dan menjunjung tinggi jiwa serta semangat sportivitas dan fair play,” tandasnya.

Ketua Panitia Bola Voli Gala Desa Marshanda Cup, Pahing SPd didampingi Ketua SAKC, Dinar Ramdhani menyebutkan, turnamen diikuti 16 tim yang berada di Kecamatan Ciniru dan Hantara. Semoga melalui turnamen ini bisa memunculkan bibit baru atlet voli.

“Alhamdulillah turnamen ini dibuka langsung Pak Bupati Kuningan. Yakni diawali dengan pertandingan dua partai eksibisi antara Tim APC dengan Tim SAK,” imbuhnya.

Beberapa tim yang akan berlaga, lanjutnya, di antaranya yakni Tim SAKC, Cijemit A, Ciniru, Cipedes (Cevac), Gunung manik, Pinara dan Longkewang. Kemudian Pakapasan Hilir, Pakapasan Girang, Citapen, Pasir Agung, Tundagan, Mungkal Datar, Rambatan, Cikondang, Pamupukan dan Cijemit B.

Terakhir Kades Cijemit, Wawan menyampaikan, sejak adanya Saung Abah Ketom telah membawa warna tersendiri bagi warga Desa Cijemit. Sebab Saung Abah Ketom satu-satunya kedai yang ada di Kecamatan Ciniru dan Hantara, sekaligus dapat dijadikan untuk wisata kuliner.

“Bahkan sekarang telah terbentuk Komunitas Saung Abah Ketom yang mampu merangkul dari berbagai generasi dan kalangan dari setiap desa di Kecamatan Ciniru dan Hantara. Dibawah bimbingan Pak U Kusmana, telah terbukti turut serta berperan aktif memberikan manfaat bagi masyarakat melalui program dan kegiatan, salah satunya dengan pembangunan lapang bola voli ini,” ucapnya.

Dirinya bersyukur, keberadaan lapangan bola voli SAKC telah melengkapi sarana dan prasarana di Desa Cijemit. Sehingga bisa dimanfaatkan bersama dengan masyarakat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: