73 Tim Ikut Turnamen Bola Voli Antar SMP

73 Tim Ikut Turnamen Bola Voli Antar SMP

KUNINGAN - Sebanyak 73 tim putra/putri jenjang SMP mengikuti turnamen bola voli siswa SPM tingkat Kabupaten Kuningan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) di GOR Ewangga, Jumat (18/3).

Turnamen dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kuningan sekaligus Ketua PBVSI Nuzul Rachdy SE, turut hadir Kepala Disdikbud Uca Somantri, Kabid SMP Abidin, perwakilan dari KONI Kuningan Aan Suganda, serta jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan.

Ketua Panitia Pelaksana Abidin mengatakan, turnamen bola voli ini digelar dalam rangka mencari potensi atau bibit atlet bola voli. Pihaknya di Bidang SMP Disdikbud tidak pernah berhenti untuk selalu berupaya mengali potensi yang dimiliki oleh para peserta didik, salah satunya dari cabang olahraga bola voli di jenjang SMP.

“Turnamen ini dgelar karena melihat antusiasme dan semangat yang luar biasa dari para peserta di satuan pendidikan masing-masing, hari ini kita wadahi dengan menggelar turnamen bola voli,” kata Abidin yang juga Kabid SMP Disdikbud Kuningan.

Abidin menjelaskan, jumlah peserta yang mengikuti turnamen ini sebanyak 73 tim yang terdiri dari 45 tim bola voli putra dan 28 tim bola voli putri, turnamen dilaksanakan selama lima hari, mulai tanggal 18-22 Maret. Mekanisme lomba menggunakan sistem gugur, di mana tim yang menang langsung lolos ke babak berikutnya.

“Ini adalah suatu potensi melihat antusias dari para peserta, kita juga baru mengawali di tahun 2022 turnamen antar pelajar SMP, ke depan turnamen ini akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya,” ujarnya.

Diungkapkan Abidin, dalam turnamen ini pihaknya juga akan menjaring atlet bola voli potensial, para atlet yang berprestasi akan dihimpun dan dimasukan ke database dan dibina lebih lanjut, bahkan mungkin akan dijadikan tim Kabupaten Kuningan jenjang SMP.

“Alhamdulillah banyak yang support dalam turnamen ini terutama dari PBVSI, mulai dari persiapan teknis pertandingan dan wasit, sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” uangkapnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kabupaten Kuningan Drs Uca Somantri menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia penyelenggara turnamen bola voli antar SMP se-Kabupaten Kuningan. Ini merupakan komitmen kita bersama dalam rangka meningkatkan kompetensi dan talenta anak didik kita.

“Saya berharap dengan adanya turnamen ini, menjadi ajang untuk terus menumbuhkan potensi bibit atlet dari generasi muda, khususnya di bidang bola voli,” ucapnya.

Uca berpesan kepada seluruh peserta untuk menekuni bidang olahraga yang digemari. Karena, ke depan dapat meniti karir melalui olahraga tersebut.

“Terus berlatih, baik di sekolah atau di klub olahraganya, siapa tahu ke depan tidak menutup kemungkinan meniti karir di bidang olahraga yang digeluti saat ini,” kata Uca.

Mantan Kepala BKPSDM Kabupaten Kuningan ini melanjutkan, seluruh peserta diimbau untuk menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding. Kalah menang dalam sebuah pertandingan adalah hal biasa.

“Kalah itu adalah salah satu proses untuk menjadi juara. Kalau kalah jangan emosional. Para guru harus menanamkan jiwa sportivitas kepada anak-anak sejak dini,” pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: