Tata Cara Sholat Idul Adha, Bacaan Niat Lengkap dengan Artinya

Tata Cara Sholat Idul Adha, Bacaan Niat Lengkap dengan Artinya

RADAR KUNINGAN. DISWAY. ID - Hari Raya Idul Adha tiba, ada baiknya sebagai umat muslim melaksanakan sholat id tersebut. Berikut ini tata caranya.

Sama halnya dengan sholat Idul Fitri, syarat dan rukun sholat Idul Adha sendiri tidak jauh berbeda dari sholat 5 waktu. Namun, ada beberapa perbedaan tata cara dalam pelaksanaan sholat ini. 

Beberapa diantaranya adalah bacaan niat, anjuran takbir dan waktu pelaksanaan sholat Idul Adha sendiri. 

Untuk waktu pelaksanaan sholat Idul Adha, dilaksanakan setelah matahari terbit hingga waktu dhuhur.

Sholat Idul Adha sendiri dianjurkan untuk dilaksanakan di awal waktu. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang hendak melaksanakan qurban. 

Tak hanya itu saja yang perlu diperhatikan, jamaah yang akan melaksanakan sholat Idul Adha lebih baik dilakukan secara berjamaah dengan jumlah rakaat dua.

BACA JUGA:Airlangga: Idul Adha Mengajarkan Soal Berkorban dan Berbagi

Setelah sholat Idul Adha selesai, umat muslim juga disarankan untuk mendengarkan khutbah terlebih dahulu.

Namun, bila terlambat datang saat pelaksanaan sholat Idul Adha, maka diperbolehkan untuk melakukan sholat secara mandiri di rumah masing-masing.

Hal ini lebih baik daripada tidak melaksanakan sholat sama sekali. Lantas, bagaimana tata cara mengerjakan sholat Idul Adha yang benar?

Berikut tata caranya berdasarkan kitab Fasholatan karya Syekh KHR Asnawi, salah satu ulama ternama;

BACA JUGA:89 Hewan Kurban Untuk Masyarakat dari Cirebon Power

1. Niat Sholat Idul Adha

Langkah pertama untuk memulai shalat Idul Adha adalah niat. Niat tersebut dilafalkan dengan bunyi "ushallî sunnatan li ‘îdil adlhâ rak'taini" kalau dilaksanakan sendirian. Sedangkan jika berjamaah maka harus ditambahkan "imâman" kalau menjadi imam, dan "makmûman" kalau menjadi makmum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: