Melalui Program Paduka, Pasangan Pengantin Baru Langsung Dapat KTP, KK Baru

Melalui Program Paduka, Pasangan Pengantin Baru Langsung Dapat KTP, KK Baru

Bupati Kuningan Acep Purnama dan Kadisdukcapil Yudi Nugraha berfoto bersama pasangan pengantin penerima KTP dan KK baru dalam program Paduka di rumah makan Lembah Ciremai, kemarin. -M Taufik/Radar Kuningan -

"Jangan khawatir, program Paduka ini gratis alias tidak dipungut biaya. Ini semata-mata dalam upaya memberikan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat sekaligus mewujudkan tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Kuningan," ungkap Acep. 

Ditambahkan Kepala Disdukcapil Yudi Nugraha, proses pelayanan program Paduka ini sangat mudah. Yaitu dilakukan saat mendaftar di kantor KUA. 

"Syaratnya cukup membawa KTP dan KK asli lama lalu mengisi beberapa formulir yang diperlukan," terang Yudi.

BACA JUGA:Target Vaksin Booster 50 Persen, Polres Kuningan Sasar Pelajar

Kemudian lanjut Yudi, KTP dan KK yang lama akan diganti yang baru dengan telah ada perubahan pada kolom status.

"Dari lajang menjadi kawin yang akan kita serahkan pada saat setelah ijab qabul," ungkap Yudi. 

Dengan program ini, kata Yudi, pra pengantin baru di Kabupaten Kuningan tak perlu lagi antre mengurus perubahan dokumen kependudukan di kantor Disdukcapil. Karena semuanya akan dipenuhi usai prosesi ijab qabul di hadapan penghulu. 

"Nanti bisa diserahkan langsung oleh Pak Penghulu atau kepala desa setempat, Pak Camat atau mungkin Pak Bupati seperti hari ini. Mudah-mudahan program ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Kuningan," ujarnya. 

Sementara itu, pasangan pengantin Giri dan Oca mengaku senang bisa mendapatkan KTP dan KK dengan status baru tersebut. 

BACA JUGA:Hari Anak Nasional, Bunda PAUD Kuningan Luncurkan Buku Windu Suka Makan Sayur

"Alhamdulillah, saya sangat surprise mendapat KTP dan KK baru apalagi yang menyerahkannya Pak Bupati langsung. Ini sangat memudahkan kami sehingga tidak perlu repot lagi ke kantor Disdukcapil," ucap Giri diamini mempelai wanita Oca yang merupakan putri pertama Ketua Senkom Kuningan Dedy Suhandi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: