Buka Wawasan Internet, TIK Kuningan Ingatkan Keamanan Ruang Digital

Buka Wawasan Internet, TIK Kuningan Ingatkan Keamanan Ruang Digital

Salah satu pemateri saat menyampaikan pentingnya pemahaman luas internet bagi masyarakat.-Mumuh Muhyiddin/Radar Kuningan-

KUNINGAN, RADAR KUNINGAN.COM - Pesatnya perkembangan internet, membuat pentingnya wawasan dan kesadaran masyarakat terhadap teknologi digital

Untuk itu, Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (R-TIK) Kabupaten Kuningan, menggelar Safari Kuningan Makin Cakap Digital dengan tema Aman dan Produktif di Ruang Digital. 

Acara membuka wawasan internet dilaksanakan di Gedung Djarnawi STKIP Muhammadiyah Kuningan, Sabtu 27 Agustus 2022.

Kegiatan literasi digital ini, diikuti puluhan mahasiswa STKIP Muhammadiyah, dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya. 

 

Di antaranya Ketua R-TIK Jabar Muh Nur Fajar Muharom dengan materi Menjaga Keamanan Pribadi di Era Digital, Desna Riski Ariansah dengan materi Cara Menghasilkan Uang dari Internet, dan Meylani Pratiwi dengan materi Tips Aman Bertransaksi Digital.

Ketua R-TIK Kuningan Asep Mahpudin MKom mengatakan, Relawan TIK di Kuningan sudah ada sejak tujuh tahun lalu. 

Gerakan Literasi Digital bertujuan agar masyarakat dapat membuka wawasan terhadap internet dan bisa berinteraksi secara aman dan nyaman.

Pihaknya menyasar generasi Z, yakni pelajar dan mahasiswa agar cerdas menggunakan media teknologi digital yang digunakan sehari-hari.

 

“Insya Allah program ini akan menyasar kampus-kampus lainnya, agar mahasiswa bisa dengan aman berselancar di dunia digital dan semakin cakap dalam menggunakan internet,” katanya.

Sementara itu, Ketua R-TIK Jabar, M Nur Fajar Muharom mengatakan, kegiatan tersebut sudah seharusnya dilaksanakan. 

Menurutnya, literasi digital bukan hanya tugas pemerintah saja, namun juga tugas bersama.

“Saya apresiasi seminar literasi digital ini yang telah menggunakan konsep pentahelix, dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat,” ujar Fajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: