Daftar Panwascam, Ratusan Warga Datangi Bawaslu

Daftar Panwascam, Ratusan Warga Datangi Bawaslu

Bawaslu (agus sugiarto)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Kantor Bawaslu Kuningan mendadak ramai, Senin 26 September 2022. Halaman depan lembaga pengawas Pemilu yang vukup sempit itu disesaki massa yang berdatangan sejak pagi. Mayoritas massa yang datang berusia muda.

Namun tak sedikit juga yang sudah di atas 40 tahunan  Banyak yang datang memakai seragam pemerintah, berpakaian biasa dan ditangannya masing masing memegang map berbagai warna. 

BACA JUGA:Lagi, Panglong Kayu Musnah Terbakar

Kedatangan mereka ternyata bukan untuk unjuk rasa. Mereka sengaja ke Bawaslu guna mendaftar sebagai Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang mulai dibuka pendaftarannya.
 
Tercatat ada 32 kecamatan di Kabupaten Kuningan. Setiap kecamatan dibutuhkan tiga orang. Total sebanyak 96 orang yang akan dilantik sebagai Panwascam guna menghadapi Pemilu 2024 mendatang. 
 
 
Rian, seorang warga yang datang ke Bawaslu mengaku membawa berkas untuk mendaftar sebagai Panwascam. Dia tahu ada pembukaan pendaftaran dari media sosial dan juga website resmi Bawaslu. Karena itu, dia bersama beberapa temannya menyiapkan pesyaratan guna bisa dimasukan sebagai berkas pendaftaran. 
 
"Tahu dari informasi medsos dimana katanya Bawaslu membuka pendaftaran untuk Panwascam. Saya sendiri belum berpengalaman dan baru sekarang ikut mendaftar. Semoga saja langkah saya lancar dan bisa diterima sebagai Panwascam. Untuk persyaratan berkas, saya yakin sudah lengkap. Apalagi persyaratannya juga enggak sulit," ujar Rian sambil menunggu antrean, Senin 26 September 2022.
 
 
Ketua Bawaslu Kuningan, Ondin Sutarman tak memungkiri jika respon masyarakat sangat besar ketika pendaftaran dibuka. Dari pantauannya, jumlah warga yang datang dan mendaftar lebih dari 400 orang.
 
Angka ini diyakini akan terus bertambah lantaran masa mendaftaran masih ada satu hari lagi yakni sampai Selasa, 27 September 2022. 
 
 
Penutupan masa pendfataran akan dilakukan Selasa sore, kemudian pengumuman akhir bulan. Tahapan lainnya yakni pemeriksaan berkas para pendaftar.
 
"Jumlah pendaftar bisa terus bertambah. Hari ini saja sudah lebih dari 400 orang. Besok saya yakin peserta yang datang akan tetap banyak. Tak masalah. Nanti kan ada tahapannya. Untuk Panwascam nanti dibutuhkan 96 orang. Rinciannya, setiap kecamatan tiga orang," kata Ondin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: