Pesepeda Eropa Ngebet Tampil di Tour de Linggarjati 2022

Pesepeda Eropa Ngebet Tampil di Tour de Linggarjati 2022

Jalan lingkar timur akan digunakan sebagai lokasi IRR Tour de Linggarjati 2022. (agus sugiarto)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Nama Tour de Linggarjati seolah menjadi daya magis bagi para pebalap sepeda di luar negeri. Selain dianggap rutenya menantang, kepuasan para pebalap di Tour de Linggarjati sebelumnya tak lepas dari servis memuaskan panitia.

Banyak pebalap luar negeri yang ingin tampil di ajang tahunan tersebut. Bahkan ada yang menghubungi langsung panitia untuk melakukan pendaftaran. 

BACA JUGA:Hebring, 300 UMKM Tarikolot Daftar Nomor Induk Berusaha

Namun mereka akhirnya membatalkan tampil di Tour de Linggarjati tahun 2022 karena beberapa persyaratan yang diminta, tidak bisa dipenuhi panitia. Antara lain tiket pesawat pulang pergi, akomodasi serta fasilitas lainnya yang cukup memberatkan panitia.
 
Selain dari Eropa, para pebalap dari Asean juga sudah banyak yang menghubungi panitia. Mereka biasa tampil di kelas IRR. Seperti dari Singapura, Malaysia, Brunei dan juga Filipina. Bahkan dari Iran juga sempat melakukan kontak.
 
 
"Ada pebalap sepeda dari Eropa yang langsung menghubungi saya. Dia ingin tampil di Tour de Linggarjati 2022. Tapi permintaannya cukup berat. Antara lain minta difasilitasi tiket pesawat serta akomodasi lainnya. Kalau hanya akomodasi dari Bandara dan selama di Kuningan, masih bisa dipenuhi. Tapi untuk permintaan lainnya cukup berat. Terpaksa kami tolak," kata Jono ISSK, salah seorang panitia Tour de Linggarjati 2022.
 
Jono mengatakan, Tour de Linggarjati 2022 kemungkinan diikuti para pebalap sepeda dari Indonesia. Negara negara Asean yang sudah menjalin kontak tetap berhubungan menanyakan kesiapan Tour de Linggarjati 2022.
 
 
"Kami masih berharap pebalap dari luar negeri meramaikan Tour de Linggarjati. Minimal dari negara negara Asean. Masih ada waktu untuk komunikasi. Kehadiran pebalap manca negara akan menaikan gengsi dan standar Tour de Linggarjati. Kabarnya, panitia akan kembali membahasnya untuk masalah ini," terang Jono, Rabu 28 September 2022.
 
Gelaran Tour de Linggarjati 2022 hanya menyisakan waktu sekitar satu bulanan. Rencananya, even berskala internasional itu digelar awal November 2022. Panitia sudah menyiapkan rute bagi para peserta Tour de Linggarjati untuk kelas IRR. Jarak tempuh rute ini mencapai 131 kilometer mengelilingi Kabupaten Kuningan.
 
 
Di kelas IRR ini, pembalap akan melahap rute yang sangat panjang dan melelahkan  dimulai dari titik start di pusat kota Kuningan, para pembalap beradu cepat melaui rute Cigugur, Gunungkeling, Ragawanana, Pajambon, Sukamukti, Babakanmulya, Sadamantra dan Peusing. Kemudian dilanjut Bandorasakulon, Linggarjati, Linggamekar, Bojong dan berbelok ke arah simpang tiga Panawuan. 
 
Dari Panawuan, para pembalap Tour de Linggarjati 2022 kembali menggas pedal sepedanya ke arah jalan lingkar timur tepatnya lampu merah perempatan Panawuan. Jalanan lingkar timur dari arah lampu merah Panawuan sampai Tugu Sajati Ancaran. Setelah itu, pembalap akan melaju menuju arah timur Kuningan. Kertawangunan, Oleced, Lebakwangi, Luragung, Tanjakan Kiara Domba dan berakhir di Bendungan Kuningan. 
 
 
Pembalap akan berputar balik melalui rute yang menuju Kuningan kota. Sebelumnya, rute menuju Karangkancana dan Ciwaru menjadi pilihan namun terpaksa dibatalkan karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan.
 
"Itu rute yang disepakati dalam gelaran Tour de Linggarjati 2022. Jaraknya lebih dari 100 kilometer. Namun rute ini masih bersifat sementara, bisa ada perubahan. Tergantung kondisi jalan yang akan dilalui," terang Ketua Panitia Tour de Linggarjati, Trisman Supriatna, Rabu 28 September 2022. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: