Pasca PDAU, Pengelola Linggarjati Park Belum Jelas

Pasca PDAU, Pengelola Linggarjati Park Belum Jelas

Agus Mauludin--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kuningan dari sektor wisata dipastikan berkurang di tahun ini dan tahun depan. Hal ini tidak terlepas imbas dari tidak beroperasinya objek wisata Linggarjati yang berada di area lahan milik Pemkab Kuningan sejak kontrak dengan pengelola berakhir awal tahun lalu. 

 
Seperti diketahui, kawasan wisata yang dulu bernama Linggarjati Indah itu berada di tangan satu pengelola, Ayong, meski pemilik lahannya berbeda. Lahan objek wisata yang berada dalam satu hamparan itu sejak dulu dimiliki BKSDA Provinsi dan Pemkab Kuningan. Pihak pemkab kemudian memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak, sedangkan lahan yang dikuasai BKSDA, kontraknya tetap berlanjut.
 
 
Agus Mauludin, Komite Investasi PDAU mengakui jika Bupati Acep menyerahkan lahan pemkab eks Linggarjati Indah untuk dikelola PDAU di saat jabatan direktur dipegang Nana. Untuk mengelola kawasan itu oleh PDAU, Agus mengatkan bahwa dirinya sempat bolak balik menemui bupati agar PDAU dibolehkan mengelolanya.
 
"Saya akui kalau dulu sempat beberapa kali nenemui Pak Bupati untuk merayu agar lokasi tersebut dikelola PDAU. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya jawaban Pak Bupati membolehkan. Itu di jaman direkturnya Pak Nana. Malah sempat buka beberapa hari saat libur lebaran lalu. Kalau sekarang, saya kurang tahu perkembangannya," ujar Agus, Selasa 6 Desember 2022.
 
 
Sebelumnya, Direktur PDAU, Heni Susilawati saat dikonfirmasi membantah tempat wisata Linggarjati Park masuk dalam pengelolaan perusahaan daerah yang dia pimpin. Kalaupun pernah itu terjadi pada saat kepemimpinan PDAU Kuningan dipegang oleh direktur sebelumnya.

"Mungkin pada saat direktur PDAU dipegang oleh sebelum saya, objek wisata tersebut sempat dikelola dengan sistem sewa. Nah, mungkin masa sewanya sudah habis kemudian tidak diperpanjang. Yang jelas sejak saya menduduki jabatan direktur PDAU, objek wisata Linggarjati Park tidak termasuk dalam pengelolaan kami," ujar Heni yang baru menduduki jabatan Direktur PDAU Kuningan pada bulan Juli lalu.
 
BACA JUGA:Imbas Video Uka-uka di Medos, TWA Linggarjati Sepi Pengunjung

Heni menegaskan, hingga saat ini pihaknya masih fokus mengelola tujuh objek wisata yang ada di Kabupaten Kuningan yaitu Waduk Darma, Balong Dalem, Leuweung Monyet Cibeureum, Cipaniis, Balong Cigugur dan Talaga Remis. Menurut Heni, tujuh objek wisata tersebut pun saat ini masih banyak yang harus dibenahi dan perlu penanganan serius.(*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: