Tour de Linggarjati, Lewati 111 Desa, 22 Kecamatan

Tour de Linggarjati, Lewati 111 Desa, 22 Kecamatan

Jalan lingkar timur akan dilalui para pembalap sepeda yang tampil di Tour de Linggarjati. (Agus Sugiarto)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Di sisa waktu empat hari jelang pelaksanaan Tour de Linggarjati 2022, panitia terus menggeber persiapan agar even tahunan itu berjalan mulus. Bahkan infrastruktur jalan yang akan dilalui peserrta Tour de Linggarjati sudah dalam kondisi siap 100 persen. Even bergengsi ini akan melintasi 111 desa dan kelurahan serta 22 kecamatan.

 
Untuk memastikan kesiapan rute yang akan dilalui ratusan pembalap dari berbagai daerah di Indonesia, panitia bersama pimpinan daerah akan melakukan cek jalur. Rencananya, cek jalur ini akan dilaksanakan hari Selasa 13 Desember 2022. Kapolres Kuningan dan unsur terkait dijadwalkan ikut memantau jalur yang akan dijadikan lintasan balap sepeda berskala nasional tersebut.
 
 
Untuk tanggal pelaksanaan Tour de Linggarjati tidak berubah yakni tanggal 16, 17 dan 18 Desember 2022. Itu berarti panitia masih memiliki waktu empat hari untuk mematangkan kegiatan.
 
"Persiapan juga terus kami lakukan supaya pelaksanaan Tour de Linggarjati 2022 berlangsung sukses. Termasuk juga koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa yang dijadikan rute balapan," terang Ketua Panitia, Trisman Supriatna didampingi Jono, salah seorang panitia.
 
Selain kesiapan infrastruktur, pihaknya juga intens melakukan koordinasi dengan kecamatan dan desa yang dilalui rute Tour de Linggarjati. Salah satunya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menaruh barang apapun di sepanjang jalan yang akan dilalui para pembalap. 
 
 
"Seperti memyimpan bahan material, menjemur padi atau ada tenda hajatan serta kegiatan lainnya. Semua jalur yang menjadi rute balapan harus dalam kondisi steril. Ini demi keselamatan dan kenyamanan para pembalap. Pak bupati juga sudah mengeluarkan surat edaran untuk mendukung kegiatan Tour de Linggarjati 2022," ungkap Trisman 
 
Ditanya soal jumlah peserta yang mendaftar, Jono mengatajan, pendaftaran Tour de Linggarjati sudah resmi ditutup. Padahal hingga batas akhir pendaftaran, pihaknya masih mendapat telepon dari pembalap yang mau mendaftar. Sedangkan untuk kategori fun bike akan dilangsungkan hari Minggu dan terbuka bagi umum.
 
 
"Para pembalap yang sudah mendaftar untuk ikut ambil bagian dalam Tour de Linggarjati hampir mendekati angka 350 peserta. Rinciannya, Grand Fondo sebanyak 50 pembalap, kemudian kategori IRR dan Criterium ada 292 peserta," ujar Jono, Minggu 11 Desember 2022.
 
Dia menambahkan, Tour de Linggarjati yang ke VI ini akan melewati 111 desa/kelurahan dan 22 kecamatan. Rute yang harus dilalui para pembalap sendiri sudah fix alias tidak berubah lagi.
 
"Ada 111 desa dan 22 kecamatan yang menjadi rute balapan. Rute ini cukup panjang. Dan untuk jika kemungkinan terjadi hujan ketika perlombaan berlangsung, kami sudah melakukan antisipasi dengan menyiapkan pakarnya," pungkas Jono. (*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: