Peduli Cianjur, Seniman Kuningan Utara Galang Dana

Peduli Cianjur, Seniman Kuningan Utara Galang Dana

Seniman Kunungan Utara menggelar pagelaran untuk menggalang dana untuk korban gempa Cianjur, Sabtu malam. (Muhammad Taufik)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN - Sebagai bentuk kepedulian kepada korban gempa Cianjur ditunjukkan sejumlah seniman tradisional dari wilayah Kuningan Utara menggelar pertunjukan amal, Sabtu  malam 17 Desember 2022. Bertempat di panggung hiburan Taman Bandorasa (Tambas) di Desa Bandorasa Wetan, Kecamatan Cilimus, Kuningan, para seniman menampilkan kemampuan mereka sambil menggalang dana dari para penonton yang hadir. 

 
Sedikitnya ada lima grup kesenian ikut berpartisipasi dalam aksi galang dana tersebut. Yaitu kelompok seni calung Tapak Karuhun Cilimus, Sanggar Tari Giwangkara Cirendang, Pencak Silat Pajajaran Nusantara dari Desa Sayana, karinding dan dalang Cepot Alim dari Desa Bojong, Kecamatan Kramatmulya.
 
BACA JUGA:Akhir Tahun, Kunjungan Wisatawan Ditarget Capai 5 Juta

Kehadiran para seniman tradisional ini cukup mendapat sambutan antusias masyarakat setempat dan yang melintas di Jalan Raya Bandorasa. Tak sedikit dari para penonton yang turut menyumbangkan sejumlah uang ke dalam kotak kardus yang disediakan panitia.

Ketua kelompok seni Calung Tapak Karuhun Heri Jumhari mengatakan, kegiatan panggung amal ini sebagai bentuk kepedulian para seniman di wilayah Kuningan bagian Utara atas bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu. Heri mengatakan, aksi galang dana tersebut dikemas dalam bentuk bertunjukkan seni dengan melibatkan sejumlah seniman lokal Kuningan.
 

"Kami para seniman Kuningan turut berduka dengan kejadian bencana di Cianjur, dan bentuk kepedulian ini kami tunjukkan dalam kegiatan galang dana yang dibalut dalam seni pertunjukkan kesenian yang kami punya. Alhamdulillah, cukup banyak masyarakat yang datang dan berpartisipasi menyumbangkan sebagian harta mereka untuk kami tampung dan kemudian disalurkan lewat Pemdes Bandorasa Wetan," ungkap Heri, Minggu 18 Desember 2022.

Acara pagelaran seni budaya ini juga sebagai ajang penyaluran bakat para seniman yang selama ini kurang tersalurkan karena datangnya wabah Covid-19 kemarin. Pihaknya pun memanfaatkan panggung hiburan di Tambas Desa Bandorasa Wetan untuk tampil menghibur masyarakat secara gratis sekaligus mengetuk hati mereka membantu meringankan beban korban bencana gempa Cianjur.
 
BACA JUGA:Mantap, 30 Miliar untuk Pembebasan Lahan Jalan Lingkar Timur Selatan

"Alhamdulillah kami mendapat dukungan dari owner Tambas dan juga Pemdes Bandorasa untuk tampil dan berkesenian sekaligus berkegiatan sosial. Mudah-mudahan ini menjadi titik balik kebangkitan para seniman di wilayah Kuningan khususnya yang ada di wilayah Utara bisa berkarya dan berprestasi," pungkas Heri. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: