Jalan Arah Palutungan Sempit, Bus Besar Wajib Parkir di Cisantana

Jalan Arah Palutungan Sempit, Bus Besar Wajib Parkir di Cisantana

KBO Lantas Polres Kuningan, Iptu Sopian memantau bus besar yang parkir di area parkir Gua Maria Desa Cisantana, Cigugur, Minggu 1 Januari 2023. (Agus Sugiarto)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Sejumlah bus besar yang menuju Palutungan, diminta untuk parkir di area parkir Gua Maria, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kuningan.

Tidak dibolehkannya bus besar yang membawa wisatawan sampai Palutungan oleh petugas kepolisian, lantaran untuk menghindari kemacetan. Kemudian badan jalan menuju Palutungan juga kondisinya cukup sempit. 

BACA JUGA:Mendadak Muntah Darah dan Hampir Pingsan, Warga Cikupa Ditolong Dua Polisi

KBO Satlantas Polres Kuningan, Iptu Sopian kepada radarkuningan.com mengatakan, pihaknya memang meminta sejumlah bus untuk parkir di lokasi yang sudah disediakan. Dari lokasi parkir menuju Palutungan yang tidak jauh, penumpang bus yang akan rekreasi diangkut menggunakan mobil kecil. 
 
Pelarangan bus besar menuju Palutungan disebabkan kondisi badan jalan yang sempit. Ditambah lagi volume kendaran baik dari Palutungan maupun yang akan ke Palutungan, cukup padat. Area parkir Gua Maria Cisantana yang sudah disediakan mampu menampung bus besar.
 
 
"Ada beberapa bus besar mengangkut wisatawan yang ingin berlibur di Palutungan. Tetapi badan jalan sempit, serta arus kendaraan padat dari dua arah, maka bus bus diminta parkir di lokasi parkir Cisantana," jelas Iptu Sopian, Minggu 1 Januari 2023.
 
Untuk arus lalulintas dari dan menuju Palutungan sebelum serta saat Tahun Baru, cukup padat. Namun tidak sampai terjadi kemacetan karena pihak kepolisian dan tim gabungan sudah melakukan antisipasi. Petugas juga terus berjaga di sepanjang jalur wisata Palutungan.
 
 
Menurut Iptu Sopian, kendaraan yang turun dari Palutungan mayoritas pengunjung yang merayakan malam pergantian tahun. Sedangkan kendaraan yang datang hari Minggu ini rata rata ingin rekreasi menikmati keindahan objek wisata Palutungan. 
 
"Alhamdulillah dari hari Sabtu sampai Minggu, arus lalulintas menuju Palutungan serta tempat tempat wisata di Kuningan tidak mengalami kemacetan. Sampai Minggu sore, kami tidak melakukan rekayasa lalulintas. Dari arah Cirebon menuju Kuningan terpantau lancar," ujarnya. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: