Jangan Kaget, Ternyata Desa Cibingbin Miliki 63 Kamera Pengawas

Jangan Kaget, Ternyata Desa Cibingbin Miliki 63 Kamera Pengawas

Sakah satu ruas jalan di Desa Cibingbjn yang terpantau kamera pengawas yang dipasang Pemdes Cibingbin. (Istimewa)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Desa dan Kecamatan Cibingbin, bisa disebut desa terpadat di Kabupaten Kuningan. Jumlah penduduknya lebih dari 13 ribu. Kendati berada di perbatasan Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Cibingbin mengalami kemajuan yang cukup pesat dari pembangunan infrastruktur. 
 
Desa ini juga cukup besar menyumbang pendapatan bagi Kabupaten Kuningan dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Di tahun 2021, PBB yang disetorkan Pemdes Cibingbjn lebih dari Rp250 juta. Dan yang paling menakjubkan, desa ini dikelilingi kamera pengawas atau CCTV yang jumlahnya mencapai puluhan unit. 
 
 
Imbas dari dipasangnya puluhan CCTV ini dirasakan langsung oleh masyarakat Cibingbin. Sejak mata digital tersebut dipasang di berbagai pelosok desa, angka tindak kejahatan menurun. Kawanan bromocorah enggan melakukan aksi kejahatannya di Desa Cibingbin lantaran gerak geriknya selalu diawasi CCTV.
 
Total CCTV yang dipasang memcapai 63 unit. Angka ini jauh lebih besar ketimbang CCTV milik Pemkab Kuningan. Setiap gang, pemukiman warga, sekolah, tempat usaha dan jalan desa terdapat kamera pengawas. "Sejak ada CCTV, Alhamdulillah tingkat kejahatan mengalami penurunan. Jumlah CCTV yang ada di Desa Cibingbin sebanyak 63 buah," jelas Kepala Desa Cibingbin, Aris Mushadat kepada radarkuningan.com, Rabu 18 Januari 2023.
 
 
Menurut Aris, berkat adanya CCTV ternyata mampu mengungkap tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang terjadi di Desa Cibingbin. Meski sudah terpasang puluhan CCTV, namun Aris tetap meminta warganya untuk selalu waspada dan hati hati ketika menyimpan kendaraan bermotor. Sebab, pelaku kejahatan beraksi ketika ada kesempatan.
 
"Sejumlah kasus kejahatan terutama curanmor yang terjadi di wilayah desa kami, berhasil diungkap polisi berkat keberadaan kamera pengawas. Pelakunya juga diamankan petugas kepolisian. Keberadaan CCTV membuat warga kami cukup tenang,," ujar Aris.
 
 
Aris kemudian merinci darimana saja puluhan kamera pengawas tersebut terpasang. Pemdes Cibingbin mengalokasikan anggaran pengadaan CCTV di tahun 2018 sebanyak 15 unit. Kamera kamera tersebut dipasang dari mulai perbatasan desa, kawasan bisnis, fasilitas umum, jalan di pemukiman penduduk dan pasar.
 
"Dari Pemdes dipasang 15 unit kamera pengawas. Jumlahnya bertambah sebanyak 48 buah CCTV sumbangan dari pengusaha Cibingbin. Totalnya ada 63 unit kamera pengawas yang sampai sekarang beriperasi. Kami juga melakukan perawatan terhadap 63 CCTV tersebut agar tetap beroperasi maksimal," jelas Aris.
 
 
Dia juga berterima kasih atas peran serta warga dan pengusaha memajukan Desa Cibingbin. Sumbangan 48 CCTV dari pengusaha membuktikan jika warga Cibingbin sangat peduli terhadap keamanan di desanya. Inj juga berdampak dengan menurunnya angka kejahatan.
 
"Terima kasih atas partisipasi komponen masyarakat Cibingbin di semua lini. Kami dari pemdes berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Cibingbin," sebut Aris. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: