Tertimbun Longsoran, Kuningan Menuju Cikijing Sempat Macet

Tertimbun Longsoran, Kuningan Menuju Cikijing Sempat Macet

Arus lalulintas Kuningan-Cikijing sempat macet pada Minggu sore karena tebing pemakaman umum Deaa Haurkuning, Kecamatan Nusaherang longsor dan menutupi badan jalan nasional tersebut. (Istimewa)--

RADARKUNINGAN.COM, KUNINGAN- Arus lalulintas Kuningan-Cikijing tepatnya di Desa Haurkuning, Kecamatan Nusaherang sempat mengalami kemacetan cukup parah. Pemicunya, tebing di pinggir jalan mendadak ambrol dan material tanah menimbun badan jalan nasional tersebut, Minggu 22 Januari 2023 sekitar pukul 16.00. Ambrolnya tebing disebabkan hujan deras yang turun seharian ini.
 
Untuk melancarkan arus lalulintas, petugas menerjunkan alat berat ke lokasi kejadian guna membersihkan material tanah yang menutupi badan jalan. Akibat longsornya tebing, tiang telepon juga terancam roboh jika tidak segera diperbaiki. Kejadian longsor di Haurkuning ini menambah daftar panjang titik bencana dalam dua hari terakhir ini.
 
 
Kepala BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana dan jajarannya dibuat sibuk dengan terjadinya sejumlah bencana longsor di wilayah Kabupaten Kuningan. Indra menerangkan, tebing yang longsor di Desa Haurkuning membuar arus lalulintas mengalami kemacetan cukup panjang.
 
Ini disebabkan material tanah menutupi sebagian badan jalam. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas PUTR Kuningan, Bina Marga, aparat desa, kepolisian dan Koramil. 
 
 
"Alat berat diturunkan ke lokasi guna membersihkan material tanah. Tebing yang longsor itu berada di pemakaman umum dan tak jauh dari pintu gerbang Desa Haurkuning," terang Indra Bayu, Minggu sore 22 Januari 2023.
 
Setelah bekerja keras lebih dari satu jam, akhirnya badan jalan bisa dibersihkan. Lalulintas juga kembali normal. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Tebing yang longsor sepanjang 15 meter dan tinggi 8 meter.
 
 
"Runtuhnya tebing pemakaman umum dikarenakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada hari Minggu mulai pukul 
14.00 sampai pukul 16.30," jelas Indra.
 
Selain di Haurkuning, tanah longsor juga terjadi di tiga dusun yang berada Desa Gunung Manik, Kecamatan Ciniru, Kuningan. Tiga dusun itu yakni Dusun Cimahu, Dusun Jatirasa, dan Dusun Ciraharja. Akses jalan dari Dusun Ciraharja ke Desa Gunung Manik tertimpa longsoran. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: