Cegah Penculikan Lagi, Pemdes Cipedes Turunkan Linmas

Cegah Penculikan Lagi, Pemdes Cipedes Turunkan Linmas

Kepala Desa Cipedes, A Rusdiana memperketat pengamanan di desa dengan menurunkan Linmas setelah kabar penculikan yang terjadi di desanya. (Bubud Sihabudin)--

RADARKUNINGAN.COM, KUNINGAN- Pemdes Cipedes, Kecamatan Ciniru, Kuningan langsung mengambil langkah untuk mengantisipasi terjadinya kembali penculikan anak. Salah satunya dengan melakukan pendataan kepada semua warga pendatang di desa tersebut.
 
Selain itu, pihak desa juga sudah mengerahkan perangkatnya untuk meningkatkan keamanan di lingkungan. "Ya ini sebagai bentuk antisipasi dari pemdes. Terlebih sebelumnya ada siswa kelas 3 SDN 3 Cipedes yang nyaris menjadi korban penculikan," terang Kepala Desa Cipedes, A Rusdiana, Kamis 26 Januari 2023.
 
 
Rusdiana mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan sekolah, dan Polsek Ciniru. Dari koordinasi itu dihasilkan kesepakatan yakni langkah pendataan khususnya orang luar yang beraktivitas di wilayah sekolah. Seperti pedagang.
 
"Hari ini akan kita data para pendatang dari luar, khususnya pedagang. Mulai dari pendataan KTP dan informasi lainnya yang diperlukan. Kepada pihak sekolah saya mengimbau supaya siaga, jangan sampai anak-anak jajan diluar lingkungan sekolah," ujar Rusdiana. 
 
 
Pihak sekolah juga harus menyediakan  keamanan sekolahnya. Dari pihak desa akan menurunkan juga Linmas untuk melakukan pengamanan. "Intinya ya harus saling komunikasi. Langkah oendataan ini sebagai upaya menciptakan rasa aman bagi orang tua siswa," katanya.
 
Rusdiana juga menjelaskan hasil koordinasi keamanan dengan pihak polsek, imbauan kesiagaan ini akan disebarkan kepada masyarakat. Menurut mantan anggota DPRD Kuningan tersebut, Desa Cipedes termasuk besar dan padat penduduknya. Tercatat ada 5 SD/MI yang harus menjadi perhatian. 
 
 
"Ada informasi dari masyarakat yang menyebutkan bahwa sebelum kejadian, tepatnya hari Selasa ada sekitar 4 orang tak dikenal mondar-mandir. Mau bertanya ke anak-anak,  cuma mereka segera lari. Eh ternyata hari Rabunya seperti itu. Awalnya saya pikir hoax, ternyata benar," sebut Rusdiana. 
 
Sementara Kapolsek Ciniru IPTU Sukendri menyatakan, jajarannya telah melakukan koordinasi dengan pihak sekolah, komite/ orangtua siswa dan Pemdes Cipedes. 
 
"Setelah koordinasi tadi, diimbau semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan. Kami beserta pihak sekolah dan pemdes bersama sama menjaga keamanan, umumnya di setiap SD," ungkap Kapolsek.
 
Terkait upaya penculikan anak yang menggemparkan warga Cipedes, Kapolsek mengaku sudah mengerahkan jajarannya untuk melakukan penyelidikan, dan mengumpulkan keterangan warga di sekitar TKP. (Bubud)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: