Merdeka Belajar, Pengelola dan Operator PKBM Ikut Sosialisasi Kurikulum Merdeka

Merdeka Belajar, Pengelola dan Operator PKBM Ikut Sosialisasi Kurikulum Merdeka

Pengelola dan operator PKBM di Kabupaten Kuningan mengikuti sosialisasi pendaftaran implimentasi Kurikulum Merdeka Belajar di Aula SKB Kuningan, Minggu 12 Maret 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Forum Koordinasi Penyelenggara Kegiatan Belajar Masyarakat (FK PKBM) Kabupaten Kuningan mengadakan Sosialisasi Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2023,  Minggu, 12 Maret 2023. Sosialisasi yang diikuti sebanyak 68 PKBM tersebut berlangsung di Aula SKB Kuningan.
 
Tujuan sosialisasi yakni dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan kesetaraan di Kabupaten Kuningan. Saat ini, jumlah PKBM mengalami lonjakan. Hampir di seluruh kecamatan di Kuningan berdiri lembaga pendidikan kesetaraan.
 
 
Pemateri dalam kegiatan sosialisasi tersebut yakni Fauzi Eko Pranyono dari Direktorat PMPK Kemdikbudristek Dikti RI. Kemudian Kepala Bidang PAUD Dikmas, DPW FK PKBM Jawa Barat dan Co-Kapten Akun Belajar.id selaku narasumber. Selanjutnya penilik Dikmas serta pengelola dan operator PKBM se Kabupelaten Kuningan.
 
Ketua Forum PKBM Kuningan, Iwan Gunawan mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan Kesetaraan di Kabupaten Kuningan. Khususnya dalam menghadapi perkembangan Kurikulum. 
 
 
"Seperti kita ketahui saat ini kurikulum di lembaga pendidikan terus berkembang secara dinamis. Karena itu, pengelola dan operator PKBM wajib memahaminya. Ini demi kemajuan lembaga pendidikan yang dikelolanya," ujar Iwan kepada radarkuningan.com, Minggu 12 Maret 2023. 
 
Menurut Iwan, setiap lembaga yang membawahi kesetaraan diharapkan mampu menggunakan Kurikulum Merdeka sesuai anjuran pemerintah.
 
"Ke depan, kami berharap semua lembaga pendidikan kesetaraan sudah mampu menjabarkan Kurikulum Merdeka dalam proses KBM nya," kata Iwan.
 
 
Disamping itu, sosialisasi ini juga diharapkan bisa mendorong seluruh PKBM di Kabupaten Kuningan sudah teregistrasi program pendidikan merdeka belajar.
 
"Ouout dari kegiatan ini tahun 2023 diharapkan ada 50 PKBM yang teregistrasi dan aktif mengikuti program merdeka belajar ini," pungkas Iwan. (Agus)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: