Tiga Hari Mau Puasa, Giliran Harga Daging Sapi dan Ayam Mulai Naik

Tiga Hari Mau Puasa, Giliran Harga Daging Sapi dan Ayam Mulai Naik

Harga daging ayam dan sapi mengalami kenaikan tiga hari menjelang bulan Ramadan.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM-  Kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Kabupaten Kuningan, memicu keluhan masyarakat. Pada tiga hari menjelang Ramadan, harga daging sapi sudah naik harga. Dari pekan sebelumnya seharga Rp120 ribu per kilogram, sekarang sudah di kisaran Rp130.000/kg. 

Diperkirakan harga ini akan cenderung naik sampai satu hari sebelum puasa. Termasuk juga telur. Jika minggu lalu harganya masih Rp33.000, saat ini para pedagang menjualnya dengan harga Rp34 ribu/kilogram.
 
Begitu juga dengan harga daging ayam naik Rp2 ribu. Dari sebelumnya Rp33 ribu/kg, tiga hari mau Ramadan sudah menjadi Rp35 ribu.
 
 
Ero, salah seorang pembeli di Pasar Cilimus mengakui jika harga daging sapi dan daging ayam sudah naik sejak akhir pekan lalu.
 
Kendati kenaikannya tidak terlalu besar, namun berimbas terhadap pengeluarannya. Padahal banyak bahan pokok lainnya yang harus dibeli untuk kepentingan jualannya. 
 
"Mau bagaimana lagi? Ya tetap dibeli meski harga naik. Soalnya saya kan buat jual lagi. Kalau enggak beli daging ayam, tentu pelanggan saya kecewa. Terpaksa saya juga naikkan harga jual daging ayam ke pelanggan, walau terasa berat," tutur Ero yang sehari-hari mengaku jualan sayuran keliling, Senin 20 Maret 2023.
 
 
Untungnya, kata Ero, harga sayuran belum mengalami kenaikan. Sehingga jumlah bahan pokok untuk jualannya tidak mengurangi jumlahnya. Seandainya semua komoditas bahan kebutuhan pokok naik, dia bingung keneruskan usahanya karena harus menambah modal dagangan.
 
"Harga cabai juga masih seperti minggu lalu. Cabai rawit Rp40 ribu, cabai merah juga masih Rp40 ribu dan cabai jablai Rp80.000. Saya berdoa, semoga saja harga sayuran tidak ikut naik, biar usaha saya lancar jaya," harapnya.
 
 
Juriah, pengunjung lainnya menyatakan hal serupa. Harga sejumlah komoditas sayuran memang belum naik. Tapi dia yakin saat mau Lebaran nanti, biasanya harga-harga akan melambung.
 
"Daging sapi dan ayam sudah naik. Telur juga sama, naik lagi. Tadi saya berkeliling di pasar, pedagang daging kompak naikan harga," ujarnya.
 
Wanita bertubuh subur itu memang saban hari belanja ke pasar untuk kebutuhan warungnya. Berangkat dari rumahnya sekitar pukul 02.00 dan baru pulang pukul 04.30. Dia membuka usaha warungnya di desa ditemani sang suami yang mengantarkannya ke pasar. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: