Disuport Bupati Kuningan, Warga Desa Manislor Deklarasi Aksi Donor Darah dan Kornea Mata

Disuport Bupati Kuningan, Warga Desa Manislor Deklarasi Aksi Donor Darah dan Kornea Mata

Bulan Ramadan dimanfaatkan untuk saling berbagi kepedulian. Itu dilakukan warga Desa Manislor, Kecamatan Jalaksana, Kuningan dengan menggelar deklarasi donor darah, kornea mata dan siaga bencana..--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Bulan Ramadan dimanfaatkan untuk saling berbagi kepedulian. Itu dilakukan warga Desa Manislor, Kecamatan Jalaksana, Kuningan.
 
Warga setempat menggelar Deklarasi Aksi Peduli Kemanusiaan berupa donor darah, donor kornea mata, dan siaga bencana yang bertempat di Gedung Fadhal Umar JAI Manislor, Sabtu 15 April 2023.
 
 
Usai pembacaan sumpsh deklarasi dilanjutkan dengan donor darah, donor kornea mata, dan siaga bencana, serta penandatanganan deklarasi secara simbolis.
 
Bupati Kuningan,H Acep Purnama, Camat Jalaksana, Ketua PMI Kabupaten Kuningan, Dinas Kesehatan Kuningan, Kapolsek, Koramil, tokoh agama, tokoh masyarakat dan jajaran pejabat desa menghadiri kegiatan tersebut.
 
Kepala Desa Manislor, Rusdi Sriwiyata menuturkan, donor darah menjadi salah satu aksi kemanusiaan yang sudah berjalan 8 tahun.
 
 
"Desa Manislor menjadi desa siaga donor darah dan mengampanyekan pentingnya membantu dalam nilai-nilai kemanusiaan. Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat agar bisa berpartisipasi kedepannya dalam gerakan donor darah ini," ujar Kades Rusdi. 
 
Selain donor darah, lanjut Rusdi, ada juga aksi sosial donor kornea mata. Deklarasi ini bertepatan dengan hari penglihatan sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober.  Kabupaten Kuningan resmi dinobatkan sebagai kabupaten calon pendonor mata terbanyak di Indonesia. 
 
 
"Sebanyak 4.000 pendonor mata se Kuningan. Dan Desa Manislor menjadi salah satu desa penyumbang kornea mata terbanyak," papar Kades. 
 
Deklarasi donor kornea mata ini bertujuan untuk menginformasikan bahwa Desa Manislor menjadi desa siaga donor kornea mata.
 
Kemudian untuk mengedukasi pentingnya membantu dalam nilai-nilai kemanusiaan serta mengajak seluruh elemen masyarakat agar bisa berpartisipasi kedepannya dalam gerakan donor kornea mata ini.
 
 
"Kami melaksanakan pengambilan kornea mata ini bekerja sama dengan Rumah Sakit Mata Pusat Jakarta dan Rumah Sakit Bank Mata Cicendo Bandung. Alhamdulillah, kegiatan ini terus berjalan dan masyarakat sangat antusias dalam melaksanakan pengabdian ini," sebut Kepala Desa Manislor. 
 
Terakhir, dilakukan juga sumpah deklarasi desa siaga bencana sebagai keseriusan dan komitmen pemuda Desa Manislor dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana di wilayah Kuningan.
 
Tak bisa dipungkiri bencana kian tahun terus terjadi, dengan deklarasi ini masyarakat Desa Manislor diharapkan dapat lebih proaktif dalam meningkatkan kesiapan dan mengambil langkah-langkah pencegahan bencana.
 
 
"Kegiatan ini bernilai positif dalam rangka membantu dan meringankan beban saudara-saudara kita serta menunjang kehidupan bagi yang menerimanya. Saya ucapkan terimakasih atas deklarasi kali ini yang bisa kita tingkatkan kerjasamanya dalam bentuk penanganan, penyaluran, dan deteksi dini yang lebih baik dalam mitigasi bencana," ungkap Bupati Kuningan, H Acep Purnama.
 
Acara dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama dan melaksanakan sholat berjamaah Magrib, Isya dan Tarawih yang menjadi pelengkap kekhidmatan acara dan ketaatan ibadah. Tentunya hal ini menambah eratan jalinan tali silaturahmi antara masyarakat Desa Manislor, pejabat Pemkab Kuningan dan tamu undangan lainnya. 
 
 
Perwakilan dari Bank Mata Kabupaten Kuningan, dr Eddy Syarif mendukung sepenuhnya bakto sosial donor darah dan donor kornea mata. Bahkan Eddy nenyarankan agar kegiatan ini terjadwal serta terencans. 
 
"Program yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Manislor ini sangat luar biasa. Kami berharap tidak hanya satu kecamatan atau satu desa saja tapi bisa dicontoh oleh satu kabupaten," terang Eddy Syarif. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: