PULANG Kampung Hari Raya Idul Adha, Iwan Kurniawan, Calon Penjabat Bupati Kuningan Kurban Sapi di Peusing

PULANG Kampung Hari Raya Idul Adha, Iwan Kurniawan, Calon Penjabat Bupati Kuningan Kurban Sapi di Peusing

Direktur PEIPD Ditjen Bangda Kemendagri, Iwan Kurniawan pulang kampung dan kurban sapi di kampung halamannya, Desa Peusing, Jalaksana, Kuningan, Kamis 29 Juni 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Libur panjang merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah dimanfaatkan para perantau untuk mudik. Tak terkecuali Direktur Perencanaan, Evaluasi, Informasi Pemerintah Daerah (PEIPD) Ditjen Bangda Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Iwan Kurniawan.

Pria yang disebut-sebut calon kuat Penjabat (Pj) Bupati Kuningan tersebut mudik ke kampung halamannya, Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana.

 
 
Iwan yang datang bersama keluarganya bermalam di tanah kelahirannya. Dia juga ikut Shalat Ied bersama warga lainnya di masjid setempat. Selepas Shalat Ied, Iwan menuju peternakan kambing yang lokasinya berada di kawasan wisata Sidomba, Desa Peusing.
 
Seluruh keluarga besar Iwan dan warga Peusing tumplek di lokasi Sidomba untuk mengikuti pemotongan hewan kurban.
 
"Alhamdulillah Pak Iwan merayakan Idul Adha di sini (Peusing). Sebagai bagian dari keluarga besar, ya saya senang saja bisa silaturahmi dengan beliau. Kan jarang-jarang Pak Iwan pulang kecuali hari raya atau ada acara keluarga," tutur salah seorang kerabat Iwan Kurniawan, Kamis 29 Juni 2023.
 
 
 
Momen kepulangan di Hari Raya Idul Adha ini dimanfaatkan Iwan Kurniawan untuk menyerahkan hewan kurban. Sebanyak dua ekor sapi dan 47 ekor kambing disembelih sebagai hewan kurban di peternakan Sidomba tersebut. 
 
"Pak Iwan lebaran haji sekarang kurban sapi. Seluruhnya ada 2 ekor sapi dan 47 ekor kambing yang dipotong dalam perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini. Itu semua dari keluarga besar Pak Iwan. Dan Pak Iwan kurban sapi," kata warga tersebut.
 
Seperti diketahui, duet kepemimpinan Bupati Kuningan H Acep Purnama dan Wakil Bupati HM Ridho Suganda, akan berakhir 4 Desember 2023.
 
Selepas keduanya selesai menuntaskan masa baktinya, jabatan bupati akan dipegang oleh Penjabat atau Pj. Ada beberapa nama yang berpeluang menakhodai kapal bernama Kabupaten Kuningan tersebut sampai bupati dan wakil bupati terpilih resmi dilantik.
 
 
 
Sesuai aturan, harus ada tiga nama yang diusulkan sebagai calon Pj Bupati. Saat ini kabarnya sudah ada tiga nama yang diajukan sebagai calon Pj.
 
Masing-masing berasal dari internal Pemkab Kuningan dan juga dari pemerintah pusat. Dua dari tiga nama kandidat Pj Bupati, diyakini akan bersaing menjadi orang nomor satu meski hanya sebatas penjabat.
 
Kedua nama tersebut yakni Sekda Kuningan, H Dian Rachmat Yanuar dan Direktur Perencanaan, Evaluasi, Infornasi Pemerintah Daerah (PEIPD) Ditjen Bangda, Kementrian Dalam Negeri, Iwan Kurniawan.
 
Dian dan Iwan sama-sama kelahiran Kuningan namun meniti karir di tempat berbeda. 
 
Dian merupakan putra mantan Anggota DPRD Kuningan dari PKB, H Sukardi Karta Permana. Dian meniti karir pemerintahan dari mulai level bawah hingga saat ini dipercaya menjabat Sekda Kuningan.
 
 
 
Sejumlah jabatan strategis di lingkup Pemkab Kuningan pernah dijabatnya. Selain moncer di birokrasi, Dian juga sukses memimpin organisasi para aparatur sipil negara (ASN) yang bernama Korpri.
 
Di tangannya, Korpri menjadi organisasi yang berkembang pesat dengan berbagai program pemberdayaannya. Bukan hanya Korpri, Dian juga sukses membangun komunikasi dengan berbagai komponen masyarakat termasuk dengan wakil rakyat.
 
"Pak Sekda Dian sangat layak menjadi Pj Bupati. Atitudenya sangat bagus, dan mempunyai visi ciamik sebagai seorang leader. Beliau sangat cocok jika menjadi penjabat bupati," ujar pengacara kenamaan Kuningan, Abdul Haris. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: